Rabu, Juli 17, 2019
Home > tips > Tips Mengemudi Aman dan Nyaman saat Melewati Jalan Tol
kpr cimb niaga

Tips Mengemudi Aman dan Nyaman saat Melewati Jalan Tol

cek denda dan bayar tilang

Melewati jalan tol dianggap sebagai hal yang mudah bagi para pengendara mobil. Karena jalan tol memang bebas hambatan sehingga membuat durasi perjalanan semakin singkat. Kendati demikian, bukan berarti Anda boleh mengemudikan mobil secara sembarangan. Anda tetap berisiko kena tilang bila melanggar peraturan lalu lintas di jalan tol. Sehingga Anda harus melakukan tahapan cek denda dan bayar tilang untuk menuntaskan urusan tilang tersebut.

Oleh sebab itu, Anda wajib memperhatikan beberapa tips penting berikut ini agar dapat mengemudi di jalan tol dengan aman:

Memilih Jalur yang Tepat

Anda bisa memilih jalur paling kanan bila ingin mengendarai mobil dengan kecepatan penuh. Karena jalur tersebut memang diperuntukkan khusus untuk kendaraan yang ingin melaju cepat. Namun, Anda sebaiknya memilih jalur tengah atau kiri bila tidak sedang terburu-buru. Supaya posisi kendaraan Anda tidak mengganggu laju kendaraan lain.

Baca juga: Pinjaman Online Cepat Cair Jadi Solusi Masalah Keuangan

Kecepatan yang Aman saat Berkendara di Jalan Tol

Batas kecepatan aman yang diperbolehkan di jalan tol adalah 60 hingga 80 km/ jam. Usahakan untuk tidak mengemudi di atas batas kecepatan tersebut. Karena kecepatan mobil yang terlalu tinggi membuat Anda rentan kehilangan kendali. Sedangkan kecepatan mobil yang terlalu rendah malah menghalangi kendaraan lainnya.

Menjaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Jangan menganggap remeh jarak antara mobil Anda dan kendaraan lain di jalan tol. Anda wajib menjaga jarak aman selama mengemudi. Supaya risiko tabrakan beruntun bisa dihindari bila ada kendaraan yang mengerem secara mendadak. Walaupun kondisi jalan tol sedang padat, usahakan agar kendaraan Anda tidak terlalu berdekatan dengan kendaraan lain.

Jangan Terkecoh dengan Jalanan Lurus

Jalan tol biasanya memang berupa jalur lurus yang sangat panjang. Sehingga jalur tersebut terasa monoton dan rentan menyebabkan kantuk. Agar Anda tidak mudah mengantuk, cobalah mengalihkan fokus kepada hal-hal lain. Anda harus melihat ke kaca spion secara teratur untuk menjaga kewaspadaan. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik yang iramanya bersemangat atau makan permen supaya tetap fokus selama mengemudi.

Memperhatikan Petunjuk Arah secara Cermat

Anda tak perlu khawatir bila akan pergi ke tempat yang belum pernah Anda singgahi sebelumnya. Karena biasanya ada petunjuk arah yang bisa Anda ikuti di jalan tol. Tetaplah mengemudi secara fokus sembari memperhatikan setiap petunjuk arah yang Anda lewati. Maka Anda tak akan tersesat dan bisa sampai tepat waktu ke tempat tujuan.

Jika Anda sudah terbiasa mengemudi di jalan tol, Anda pasti tak akan kesulitan menempuh jarak jauh dalam waktu singkat. Pilihlah rute jalan tol yang paling efisien untuk meminimalkan waktu tempuh Anda.

Untuk mengetahui informasi secara lengkap mengenai cek denda dan biaya tilang, kamu dapat mengunjungi dan membaca artikel dari Cekaja.com, silahkan mengunjungi laman https://www.cekaja.com/info/kena-razia-begini-cara-cek-denda-dan-bayar-tilangnya/

Info menarik untuk kamu yang ingin mempunyai usaha impian. Kamu dapat mengetahui informasi tentang modal usaha terkini serta informasi menarik untuk membangun usaha impian mu dengan mengunjungi dan membaca artikel di situs https://www.modalusahaterkini.com/

 

Tinggalkan Balasan