Sabtu, Mei 25, 2019
Home > Pinjaman > Tips Kreditgogo Agar Permohonan Pinjaman Disetujui
kpr cimb niaga

Tips Kreditgogo Agar Permohonan Pinjaman Disetujui

Kreditgogo

Mengambil suatu pinjaman menjadi salah satu solusi yang dilakukan oleh setiap orang. Banyak jenis pinjaman yang dapat dipilih mulai dari kredit dengan menggunakan agunan seperti untuk membeli rumah dan kendaraan ataupun jenis kredit tanpa menggunakan agunan atau jaminan. Kredit di bank menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan tertentu misalnya saja kebutuhan untuk memperbesar usaha yang dimiliki. Terdapat beberapa tips dari Kreditgogo agar pengajuan pinjaman di bank dapat disetujui.

Pertama adalah cek terlebih dahulu rapport kredit Anda untuk Anda yang pernah mengajukan kredit sebelumnya. Rapor tersebut dipengaruhi oleh 5C yaitu:

  • Character mengenai perilaku Anda sebagai debitor. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi apakah Anda bertanggung jawab untuk membayar kredit tersebut atau tidak. Informasi tentang karakter tersebut dapat diakses di SID (Sistem Informasi Debitur) yang dikelola BI.
  • Capacity untuk mengetahui kemampuan pembayaran kredit yang dipinjam. Umumnya, besar cicilan maksimal per bulan untuk keuangan yang sehat adalah 30-35% dari penghasilan per bulan.
  • Collateral atau agunan. Semakin tinggi jaminan maka semakin besar poin yang diberikan. Akan tetapi hindari besar agunan yang besarnya melebihi 100% dari besar kredit.
  • Condition.
  • Capital terkait dengan kondisi aset serta kekayaan yang dimiliki.

Perbaiki terlebih dahulu catatan kredit Anda yang kurang bagus misalnya menyelesaikan kredit yang belum lunas. Kedua adalah persyaratan. Masing-masing kreditor menerapkan persyaratan tersendiri dan harus dipenuhi oleh calon debitor. Dalam persyaratan tersebut, selain mengenai masalah umur dan kewarganegaraan, maka Anda harus memperhatikan berapa besar minimal penghasilan yang harus dipenuhi oleh debitor misalnya Rp 3 juta per bulan.

Ketiga adalah pastikan jika Anda memenuhi dokumen yang dipersyaratkan. Kreditgogo menyarankan Anda untuk selalu melihat secara cermat persyaratan dokumen yang harus dilampirkan bersamaan dengan formulir pengajuan kredit yang Anda lakukan di bank tersebut. Misalnya apakah Anda harus melampirkan kartu kredit dengan masa keanggotaan tertentu seperti 1 tahun atau tidak perlu menggunakan kartu kredit. Jangan lupa untuk melampirkan NPWP apabila Anda mengajukan pinjaman lebih dari Rp 50 juta.

Keempat adalah pastikan jika Anda tidak meminjam uang kurang atau lebih dari limit pinjaman yang ditetapkan oleh bank. Untuk jenis kredit tanpa agunan, umumnya besar kredit hanya dapat mencapai Rp 200 juta sedangkan untuk kredit dengan agunan seperti KPR, limit kredit dapat mencapai Rp 1 milyar. Bank nantinya juga akan melihat tenor yang Anda pilih. Pastikan sesuai dengan kemampuan Anda sehingga bank tidak ragu untuk menyetujui permohonan kredit Anda.

Kelima adalah keaslian data. Pastikan jika tidak hanya dokumen yang harus asli namun juga data diri yang tertulis di form pengajuan kredit tersebut harus sesuai dengan data yang sebenarnya dan dokumen. Setelah Anda mengetahui tipsnya, Anda siap untuk mengajukan permintaan kredit. Pengajuan umumnya harus datang langsung ke bank namun saat ini Anda dapat menggunakan cara online misalnya dengan mengajukan langsung di web bang tersebut atau lewat Kreditgogo kartu kredit yang menyediakan layanan pengajuan online di beberapa bank yang bekerja sama dengan situs ini. Anda hanya perlu mengajukan dengan klik Apply lalu masukkan identitas yang diminta kemudian tunggu pemberitahuan selanjutnya. Lewat situs pembanding produk keuangan ini, Anda dapat mengajukan kredit dengan lebih mudah dan tentunya terdapat berbagai penawaran yang menarik tidak hanya untuk mengajukan pinjaman namun juga untuk pembuatan kartu kredit.

Tinggalkan Balasan