Selasa, Juni 18, 2019
Home > informasi > STNK habis? Berikut persyaratan yang wajib dilengkapi!
kpr cimb niaga

STNK habis? Berikut persyaratan yang wajib dilengkapi!

syarat perpanjang STNK,

Pengertian STNK

Sebelum membahas mengenai syarat perpanjang STNK, alangkah baiknya kita mengenal lebih dahulu apa itu STNK. STNK (Surat Tanda Motor Kendaraan) merupakan tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas kepemilikannya yang telah didaftarkan.

STNK sendiri diterbitkan oleh SAMSAT , yaitu tempat pelayanan pembuatan dan pengesahan STNK oleh 3 instansi yaitu Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja.

Isi dari STNK terdapat beberapa kolom seperti nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik, merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, nomor rangka, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, jenis bahan bakar, dll. Nomor polisi dan masa berlaku dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor yang bersangkutan.

STNK berlaku selama 5 tahun dan untuk memperpanjang STNK, kendaraan diwajibkan untuk cek fisik yaitu pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri, jika kendaraan bermotor balik nama/ganti nama, akan dikenakaan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor). Dan syarat untuk memperpanjang akan kami jelaskan dibawah ini.

 

Syarat untuk memperpanjang STNK

1. Siapkan kartu identitas

Langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu menyiapkan KTP asli dan fotokopinya, STNK asli dan fotokopinya. Selain itu perhatikan kesamaan nama yang tertera pada STNK dan KTP anda. Kartu identitas yang lengkap dan sesuai akan memudahkan kalian untuk mengurus perpanjangan STNK.

2. Datangi kantor Samsat terdekat mu

Ambil nomor antrian di penjaga, lalu ambil map yang berada di loket perdaftaran bayar pajak motor. Setelah itu isi formulir yang ada di dalam map dan tunggu antrian untuk memberikan map kepada petugas.

3. Siapkan biaya perpanjang STNK

Petugas loket akan meminta anda untuk melakukan pembayaran. Untuk besar biaya yang harus dibayarkan akan berbeda-beda pada kendaraan bermotor yang anda miliki. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin mahal biaya nya.

4. Menunggu STNK baru

Jika sudah menyelesaikan pembayaran, anda tinggal menunggu STNK baru. Petugas loket akan memanggil nama anda dan memberikan STNK baru, cara mengetahui bahwa STNK anda sudah di perpanjang yaitu dengan melihat cap yang ada, jika sudah ada maka mengurus STNK pun selesai.

Demikian informasi mengenai syarat perpanjang STNK semoga bermanfaat, jika ingin mengetahui lebih jauh silahkan cek di https://www.cekaja.com/info/cara-perpanjang-stnk-online/. Terimakasih

Tinggalkan Balasan