Sunday, September 23, 2018
Home > Blogging > Pelajari Lebih Mengenai Surat Setoran Elektronik Pajak (SSE Pajak)
kpr cimb niaga

Pelajari Lebih Mengenai Surat Setoran Elektronik Pajak (SSE Pajak)

sse pajak

SSE Pajak atau yang merupakan singkatan dari Surat Setoran Elektronik Pajak suatu sistem yang dibangun oleh pemerintah guna mempermudah pembayaran pajak elektronik dengan menggunakan penerbitan billing system yang diadministrasikan oleh Biller dari pihak Direktorat Jenderal Pajak.

Sistem kerjanya yaitu Surat Setoran Elekronik Pajak online ini nantinya akan menerbitkan billing code atau ID billing pajak yang tertanggung untuk berbagai Kode Akun Pajak serta Kode Jenis Setoran, di mana billing code atau ID billing yang telah diberikan dapat segera digunakan oleh wajib pajak badan usaha maupun orang pribadi untuk melakukan pembayaran pajak.

Meski Surat Setoran Elektronik Pajak ini sifatnya dapat diterbitkan secara online, bukan berarti Anda juga harus membayarnya dengan menggunakan sistem pembayaran yang sama. Anda juga masih bisa membayar pajak melalui bank yang terlebih dahulu dilakukan sebelum adanya atau berlakunya sistem ini.

Pinjaman Uang Online

IDR
IDR
Untuk bunga fixed 5 tahun, minimum tenor adalah 7 tahun

Program ini sudah dilakukan oleh pemerintah sejak tanggal 1 Juli 2016 lalu. Peraturan baru mengenai pajak ini ditujukan untuk memudahkan pembayaran pajak bagi para wajib pajak karena pilihan pembayaran pajak semakin banyak, tidak hanya dilakukan di bank, namun juga bisa melalui ATM, Internet Banking, atau sistem 1 Click Pay Online Pajak.

Manfaat Surat Setoran Elektronik Pajak

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa SSE pajak yang disediakan oleh pemerintah ini memudahkan para wajib pajak badan usaha dan orang pribadi dalam melakukan pembayaran pajak kapan saja dan di mana saja, sehingga tidak harus selalu bergantung pada pihak bank seperti sebelum – sebelumnya.

Kini, cukup dengan memasukkan ID billing yang telah diterbitkan sebelumnya pada menu ATM atau Internet Banking dan Anda dapat melakukan pembayaran pajak dengan lebih mudah. Sistem ini juga dapat menghemat waktu para wajib pajak karena tidak harus lagi menganggarkan waktu untuk pergi ke bank.

Anda juga tidak perlu menunggu jam operasional bank untuk melakukan pembayaran pajak karena dapat menggunakan Internet Banking atau ATM kapan saja. Aplikasi Surat Setoran Elektronik Pajak ini juga dinilai lebih akurat karena dapat meminimalisir risiko kesalahan yang terjadi saat menginput kode jenis setoran atau kode akun pajak para wajib pajak.

Seluruh manfaat tersebut tentunya membuat Anda lantas bertanya bagaimana cara daftar SSE Pajak? Berikut ini merupakan langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk bisa mendapatkan SSE Pajak.

  1. Buka website pajak.go.id dan Anda akan dihadapkan pada dua cara untuk mendaftar. Pada artikel kali ini akan dijelaskan cara mendaftar versi pertama, jadi pilihlah versi 1.
  2. Secara otomatis, Anda akan dihadapkan pada kotak dialog yang mewajibkan Anda untuk mengisi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan PIN yang berlaku. Namun, bagi para pendaftar baru, klik pada tulisan “Daftar Baru” untuk kemudian dapat mengisi biodata singkat wajib pajak yang dibutuhkan sebagai database
  3. Setelah mengisi dengan lengkap beserta e-mail yang berlaku, Anda diharuskan untuk melakukan aktivasi via e-mail. Kemudian, Anda bisa log in sesuai dengan petunjuk pada kalimat awal di nomor 2.

Setelah log in, Anda dapat langsung melengkapi data yang tersisa, seperti masa pajak, tahun pajak, jenis pajak, jenis setoran, dan tentunya jumlah atau besarnya pajak yang akan disetorkan. Pastikan terlebih dahulu bahwa jenis pajak dan jenis setoran yang telah Anda input tidak salah. Demikian penjelasan singkat mengenai SSE pajak.