Tuesday, September 26, 2017
Home > Kredit > Mengapa Perlu Simulasi Kredit BRI Sebelum Pengajuan?
kpr cimb niaga

Mengapa Perlu Simulasi Kredit BRI Sebelum Pengajuan?

Mengapa Perlu Simulasi Kredit BRI Sebelum Pengajuan

 

Kredit atau pinjaman merupakan salah satu produk pembiayaan yang dikeluarkan oleh perbankan baik bank konvensional ataupun jenis bank syariah. Salah satu bank yang ada di Indonesia yang menyediakan produk pembiayaan adalah Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Bank tersebut tidak hanya memberikan penawaran untuk pembiayaan baik yang menggunakan agunan atau jaminan atau yang tidak menggunakan jaminan atau KTA. Sebelum mengajukan kredit, calon debitur disarankan untuk melakukan simulasi kredit BRI.

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan simulasi kredit. Alasan utamanya adalah untuk agar Anda mendapatkan gambaran mengenai kredit yang hendak Anda ambil tersebut apakah sesuai dengan yang Anda inginkan atau perkirakan atau justru jauh dari perkiraan Anda. Simulasi yang dibuat oleh bank BRI tersebut menyangkut mengenai jumlah angsuran yang akan Anda bayarkan jika Anda mengajukan kredit tersebut untuk jangka waktu tertentu dan bunga tertentu.

Selain memberikan gambaran mengenai kredit yang hendak Anda ambil tersebut, terdapat manfaat lainnya dari simulasi kredit yang Anda gunakan dari bank BRI. Pertama adalah membantu dalam memudahkan konsumen untuk memilih waktu kredit dan jumlah pembayaran yang dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Lewat simulasi tersebut, Anda dapat mencoba untuk memasukkan dan menghitung jumlah dana yang hendak Anda ajukan untuk kredit di bank BRI dan nantinya, lewat simulator yang ada di website BRI, Anda dapat mendapatkan hasil perhitungan dari nominal yang Anda masukkan tersebut.

Kedua adalah membantu untuk mengatur keuangan. Lewat simulasi kredit BRI yang ada di website bank BRI ataupun perhitungan secara manual dapat memberikan Anda gambaran mengenai berapa jumlah angsuran yang akan Anda bayarkan nantinya sesuai dengan jumlah dana yang akan dipinjam, tenor dan bunga. Ketiga adalah untuk pembanding. Walaupun Anda menggunakan simulator dari Bank BRI namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk membandingkannya dengan bank lainnya sehingga Anda mendapatkan kredit sesuai dengan jumlah dan kebutuhan yang akan Anda ajukan di perbankan tersebut.

Keempat adalah membantu untuk memilih kredit yang tepat. Di bank BRI terdapat KTA (kredit tanpa agunan) ataupun kredit dengan agunan misalnya kredit kendaraan atau kredit rumah. Dengan menggunakan simulasi tersebut, Anda dapat memilih jenis kredit yang tepat sesuai dengan tujuan penggunaan pembiayaan tersebut. Saat Anda menggunakan simulator kredit dari bank BRI pastikan jika jumlah angsuran yang nantinya mungkin akan Anda bayarkan jika Anda mengambil kredit tersebut tidak lebih besar dari 35% gaji Anda per bulannya. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak mengalami kredit macet terutama jika Anda mengambil tenor dalam jangka waktu yang cukup lama misalnya untuk kredit rumah yang memiliki tenor hingga lebih dari 10 tahun.

Simulasi kredit BRI tidak hanya dapat dilakukan dengan cara manual, misalnya menghitung secara manual namun juga dapat dilakukan dengan cara digital dengan menggunakan kalkulator kredit. Kalkulator tersebut tidak hanya ada di bank BRI namun juga di website keuangan lainnya yang memungkinkan Anda untuk dapat juga mengajukan kredit lewat website tersebut. Keuntungannya jika menggunakan kalkulator kredit untuk melakukan simulasi pinjaman adalah lebih cepat, lebih mudah dan lebih akurat. Walaupun Anda tetap dapat menghitungnya lewat cara manual, namun Anda harus menghitung dengan teliti terutama jika kredit di BRI yang akan Anda ambil tersebut menggunakan tata cara penghitungan bunga mengambang karena jika salah akan dapat mempengaruhi total angsuran yang harus Anda bayarkan ke pihak bank.