Saturday, November 25, 2017
Home > Bisnis > Istilah yang Sering Digunakan Sales dalam Jual Beli Mobil Baru
kpr cimb niaga

Istilah yang Sering Digunakan Sales dalam Jual Beli Mobil Baru

jual beli mobil baru

Dalam jual beli mobil baru ataupun bekas yang dilakukan oleh para sales mobil, terdapat berbagai macam istilah yang terkadang membingungkan konsumennya sehingga tidak jarang jika konsumen menanyakan apa yang dimaksud oleh para sales. Sales biasanya akan menggunakan brosur yang isinya mengenai gambar dari mobil yang dijual serta spesifikasi dari mobil tersebut dan variannya sehingga memudahkan konsumen untuk memilih jenis mobil yang akan digunakan.

Sales sering menggunakan kartu price list yang dimaksudkan untuk daftar harga dari mobil baru ataupun mobil bekas yang dijual. Daftar harga tersebut isinya mengenai angka rupiah untuk harga mobil tersebut namun ada juga yang isinya mengenai detail dari harga cash, kredit, uang muka dan tenor yang diberikan jika konsumen membeli mobil dengan cara kredit. Selain brosur dan price list, berikut istilah yang digunakan oleh sales mobil.

Pertama adalah uang muka dan angsuran. Keduanya digunakan saat pembelian suatu barang dengan cara kredit. Uang muka atau yang dikenal juga dengan DP (down payment) dibayarkan di awal pembelian kredit dengan besar sekitar 20-25% dari harga jual mobil tersebut. Ada juga TDP atau total down payment yang merupakan penjumlahan dari uang mulai dengan provisi atau biaya jasa kredit, angsuran 1 dan asuransi. Selain itu, ada pula tenor yang merupakan jangka waktu yang diberikan untuk melunasi kredit yang dilakukan.

Pinjaman Uang Online

IDR
IDR
Untuk bunga fixed 5 tahun, minimum tenor adalah 7 tahun

Kedua adalah ADDM dan ADDB. Istilah dalam jual beli mobil baru ataupun mobil lama ini mengacu pada pembelian dengan cara kredit. ADDM adalah angsuran dibayar di muka yang artinya adalah Anda membayar angsuran yang pertama bersama dengan pembayaran uang muka atau DP sehingga tenor kredit akan dikurangi 1 bulan. Keunggulannya jika melakukan ADDM adalah TDP lebih tinggi dan tenor lebih kecil. Sedangkan ADDB atau angsuran dibayar di belakang merupakan cara pembayaran dimana Anda akan mengangsur ketika akan jatuh tempo pada bulan depan sehingga angsuran lebih besar dan periode kredit tetap.

Ketiga adalah tanda jadi dan booking fee. Uang tanda jadi menjadi pengikat antar dealer yang diwakili oleh sales saat pembelian mobil tersebut yang existing. Umumnya, sekitar Rp 5-10 juta untuk mobil baru terutama yang keluaran Jepang dan dilakukan di lokasi pameran dan nantinya Anda akan mendapatkan surat pemesanan kendaraan. Sedangkan istilah booking fee untuk pemesanan jenis mobil yang harus dipesan sebelumnya atau menggunakan sistem PO. Namun, sebelum membeli, pastikan Anda menanyakan mengenai kejelasan uang yang Anda bayarkan misalnya apakah hangus atau dapat dikembalikan jika mobil tidak diterima atau terjadi suatu masalah tertentu.

Istilah yang lain yang biasanya digunakan oleh sales untuk jual beli mobil baru adalah:

  • SPK atau surat pemesanan kendaraan yang disebut juga dengan SPM atau surat pemesanan mobil yang ditulis oleh sales melalui proses deal dan dilanjutkan dengan tanda uang jadi ataupun booking fee. SPK juga memiliki detil informasi untuk pemilik mobil yang akan tertera di BPKB dan STNK dan SPK harus disimpan karena untuk proses pembayaran selanjutnya.
  • Database sales yang merupakan data yang dikumpulkan sales untuk mengumpulkan atau mencari potensial buyer dan Anda dapat memberikan data Anda ataupun menolaknya.
  • Asuransi TLO dan All risk. Asuransi all risk melindungi kerugian pada mobil secara menyeluruh sehingga preminya lebih besar dari TLO. Sedangkan asuransi TLO hanya melindungi dari kerusakan dengan nilai tanggungan tidak lebih dari 75% dan untuk masalah pencurian.