Tuesday, October 17, 2017
Home > Kredit > Prosedur Penutupan Kartu Kredit Citibank
kpr cimb niaga

Prosedur Penutupan Kartu Kredit Citibank

Kartu Kredit Citibank

Kartu kredit Citibank adalah termasuk produk kartu kredit yang amat dikenal luas oleh banyak pengguna kartu kredit. Kartu kredit dari Citibank adalah salah satu pelopor kartu kredit di Indonesia. Citibank sebagai salah satu bank terbesar di dunia memang secara luas memasarkan produk kartu kreditnya di banyak negara termasuk salah satunya di Indonesia.

Produk kartu kredit Citibank memang dikenal akan fleksibilitas layanan kartunya yaitu berupa keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi dengan menggunakan produk kartu kredit Citi ini. Banyak Keuntungan yang ditawarkan kartu kredit Citi dari Citibank ini, salah satunya adalah fitur Eazypay, dimana transaksi belanja nasabah akan diubah menjadi produk cicilan tetap dengan suku bunga pinjaman yang ringan yang bisa dicicil hingga 36 bulan.

Namun ada kalanya para pemilik kartu kredit ingin memberhentikan pemakaian fasilitas kartu kreditnya karena berbagai alasan. Dan tak semudah saat mengajukan permohonan pembuatan kartu, saat ingin menutup kartu nasabah kerap dibuat bingung tentang prosedur penghentiannya karena banyaknya tahapan yang harus ditempuh untuk dapat menghentikan fasilitas kartu kredit yang dimiliki.

Agar Anda tidak menghadapi kesulitan dalam proses menutup kartu kredit, sebaiknya persiapkan diri dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Lunasi lebih dahulu kewajiban cicilan tagihan Kartu Kredit Anda. Jika hal ini belum Anda lakukan atau selesaikan, maka jangan harap Anda bisa menutup kartu kredit Anda.
  2. Pergunakan fasilitas dan tukarkan reward yang Anda dapat secepatnya, agar saat Anda menutup kartu kredit, Anda tidak kehilangan kesempatan mempergunakan fasilitas tersebut.
  3. Segera laporkan permohonan penutupan kartu kredit ke pihak Bank, karena hanya pihak bank terkait lah yang bisa melakukan proses penutupan kartu kredit.
  4. Simpan baik-baik semua bukti tertulis yang menjadi catatan resmi proses penutupan kartu kredit. Dan pastikan Anda mendapatkan bukti penutupan kartu kredit tertulis dari pihak bank. Dokumen ini akan menjadi penyelamat Anda jika suatu waktu Anda masih saja menerima tagihan kartu kredit yang sudah ditutup. Bukti tertulis akan membantu Anda saat menyampaikan komplain ke pihak bank.

Mengutip informasi dari laman situs resmi Citibank, disebutkan bahwa terdapat beberapa langkah untuk menutup kartu kredit yang dimiliki nasabah. Dan sebagai pemegang kartu, nasabah memiliki hak penuh untuk mengajukan permohonan penutupan kartu kredit tersebut. Adapun tahapan langkah penutupan kartu kredit Citi dan juga jenis kartu kredit lainnya adalah sebagai berikut:

  • Pengguna kartu kredit dapat mengajukan permohonan untuk menutup kartu kredit yang dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada pihak bank. Nasabah juga bisa secara lisan menyampaikan permohonan melalui Layanan CitiPhone Banking.
  • Pihak Citibank akan memblokir Kartu Kredit Citi milik nasabah segera setelah menerima permohonan penutupan Kartu Kredit dari nasabah pemegang Kartu.
  • Kartu Kredit Citi akan segera ditutup setelah semua kewajiban nasabah pemegang kartu baik yang telah dibukukan maupun yang belum dibukukan bisa dilunasi.
  • Setelah seluruh kewajiban bisa dilunasi oleh nasabah pemegang kartu, maka pihak Citibank akan melakukan proses penutupan dan penghentian fasilitas kartu kredit Citi dalam jangka waktu paling lama 3 hari kerja. Dan dengan ini maka secara otomatis Kartu Kredit Citi juga akan menutup kartu tambahan yang ada.
  • Pihak Citibank selanjutnya akan mengembalikan saldo kredit yang tersisa pada Kartu Kredit Citibank pada saat penutupan ke rekening tabungan nasabah pemegang kartu yang telah disepakati. Citibank juga berhak untuk mengenakan beban biaya transfer dalam proses transfer saldo tersebut ke pihak nasabah melalui pengurangan secara langsung di saldo kredit tersebut.