Senin, November 11, 2019
Home > Bank > Persyaratan Bagi Kamu yang Ingin Meminjam Untuk Modal Usaha
kpr cimb niaga

Persyaratan Bagi Kamu yang Ingin Meminjam Untuk Modal Usaha

Meminjam modal usaha itu sebenarnya gampang. Hanya saja, urusan meminjam modal ke pihak kreditur seperti bank sering dianggap sebagai mimpi buruk oleh kebanyakan orang. Padahal, jika dijalani dengan tenang dan cermat, persyaratan pinjaman modal usaha itu bisa terselesaikan dengan lancar.

Kuncinya adalah memiliki prospek yang menjanjikan dan persyaratan utama yang lengkap. Selain itu, pastikan Anda memiliki rekam jejak yang bagus di dunia perbankan agar pengajuan pinjaman dapat dikabulkan oleh pihak kreditur seperti bank atau koperasi.

Sebelum pergi menemui pihak kreditur, pastikan Anda telah menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan berikut ini.

1 Identitas diri sebagai penjamin

Pihak kreditur tentu harus mengetahui identitas asli Anda. Maka dari itu, persiapkan segala dokumen yang berhubungan dengan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), paspor, beserta dengan fotokopinya.

2.Siapkan juga Kartu Keluarga (KK) dan akta nikah

Setelah mengetahui identitas Anda, pihak kreditur harus mengetahui apakah dana yang dicairkan akan digunakan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan bersama. Dengan melihat Kartu Keluarga (KK) dan akta nikah jika Anda sudah memilikinya, pihak kreditur bisa mengetahui siapa saja individu yang menjadi tanggungan hidup Anda.

3.Sertakan juga rekening koran tabungan Anda

Kemudian, pihak kreditur akan meminta mutasi buku rekening untuk melihat rekam jejak transaksi Anda setidaknya selama tiga bulan terakhir terhitung dari hari Anda mengajukan pinjaman. Dengan begitu, kreditur bisa memprediksi apakah Anda mampu membayar angsuran kredit jika dana pinjaman dicairkan lewat jejak transaksi yang terdapat dalam dokumen tersebut.

4.Siapkan slip gaji sebagai dokumen pelengkap

Tidak cukup rekening koran, Anda biasanya juga akan diminta untuk menyerahkan slip gaji. Dokumen ini akan menjamin bahwa Anda memiliki pemasukan tetap dalam jangka waktu tertentu secara rutin.

Itulah syarat-syarat umum yang biasanya akan diminta oleh pihak kreditur sebelum Anda mengajukan pinjaman. Persiapkan juga diri Anda untuk melewati sesi wawancara oleh staf yang bertanggung jawab dalam hal pengabulan pinjaman. Presentasikan rencana bisnis Anda sebaik mungkin dan yakinkan pihak kreditur bahwa Anda adalah seorang debitur kredibel yang dapat dipercaya. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa mencari informasi lebih banyak mengenai pinjam meminjam uang dalam website konsultan keuangan https://www.cekaja.com/small-business-banking. Pelajari trik-triknya agar rencana Anda berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan