Selasa, Juni 18, 2019
Home > Kredit > Pentingnya Skor Kredit Bagi Nasabah yang Ingin Mengajukan Pinjaman
kpr cimb niaga

Pentingnya Skor Kredit Bagi Nasabah yang Ingin Mengajukan Pinjaman

pentingnya skor kredit

Adanya kredit yang ditawarkan oleh perbankan sangat bermanfaat bagi sebagian masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Kebutuhan yang sangat darurat juga bisa terpenuhi dengan mudah dari sistem kredit ini. Begitu juga dengan kebutuhan modal usaha untuk meningkatkan pendapatan dan jangkauan bisnis. Di balik kredit yang cair, tentu ada proses verifikasi dan analisa. Salah satu yang diperiksa adalah skor kredit.

Skor kredit adalah cara yang digunakan oleh perbankan untuk mengetahui status atau reputasi kredit dari nasabah. Itulah pentingnya skor kredit bagi pihak bank. Sedangkan bagi nasabah, penilaian tersebut akan membuatnya mudah mendapatkan pinjaman. Ini karena sudah ada data tertulis yang membuat bank percaya bahwa nasabah tersebut dapat membayar tagihannya sesuai dengan ketentuan.

Hati-Hati Sebelum Memberikan Persetujuan Pada Kredit

Bank sangat hati-hati sebelum memberikan persetujuan pada kredit yang diajukan oleh nasabah. Skor kredit sebagai faktor yang menunjukkan kemampuan  dalam mengatur pinjaman diperiksa dengan teliti. Jika memang skor yang didapat cukup rendah, maka nasabah tersebut masuk dalam kategori kurang lancar, diragukan atau bahkan macet. Apabila Anda berada dalam kategori yang termasuk non performing loan tersebut, maka nantinya bisa kesulitan mengajukan kredit karena reputasi Anda di mata bank tergolong buruk.

Seperti yang diketahui jika salah satu pendapatan bank terletak pada bunga pinjaman yang didapat dari para nasabah. Semakin banyak nasabah yang kreditnya macet, maka operasional bank akan terganggu. Kinerjanya di masa depan juga ikut terpengaruh. Bahkan jika keadaan tersebut terus dihadapi, bisa membuat bank yang bersangkutan berada pada ambang kebangkrutan.

Hal itu yang membuat skor kredit sangat bermanfaat. Baik bagi bank maupun nasabah. Oleh karena itu, jika Anda sedang memiliki cicilan atau berencana mengajukan kredit harus memperhatikannya. Jika sudah memiliki skor baik, harus diperhatikan dan dipertahankan. Caranya cukup dengan membayar tepat waktu sesuai dengan perjanjian.

Jika ternyata pernah mengalami kredit macet, maka selesaikan dulu tagihan yang belum lunas. Lalu melaporkan bukti-bukti pelunasan pada lembaga keuangan yang bersangkutan. Beberapa waktu kemudian, skor kredit Anda yang semua buruk bisa kembali normal. Lalu Anda bisa kembali mengajukan kredit tanpa khawatir mendapatkan penolakan.

Umumnya skor kredit bisa Anda dapatkan dengan mengakses atau mengunjungi kantor Otoritas Jasa Keuangan. Melalui sistem yang ada, Anda bisa mengetahui bagaimana performa atau reputasi yang Anda miliki di mata dunia perbankan. Nantinya Anda juga bisa mengakses skor kredit dari CekAja.com. Yaitu situs jasa keuangan online yang akan menjawab berbagai masalah keuanganmu. Informasi lain seputar skor kredit tersedia juga di halaman https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/. Langsung saja, akses CekAja.com dan nikmati berbagai tawaran menariknya.

Tinggalkan Balasan