Monday, November 20, 2017
Home > finansial > Pengaruh Biaya Airport Tax ke Luar Negeri dengan Tingkat Wisatawan
kpr cimb niaga

Pengaruh Biaya Airport Tax ke Luar Negeri dengan Tingkat Wisatawan

biaya airport tax ke luar negeri

Bagi para penggemar travelling atau mereka yang sering bepergian baik dalam skala domestik maupun keluar negeri, tentunya tak asing dengan yang namanya airport tax. Airport tax merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh para penumpang maskapai penerbangan sebagai sebuah nilai kompensasi yang harus dibayarkan karena telah menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak bandara. Namun sejak tahun 2015 biaya airport tax untuk perjalanan domestik dan biaya airport tax ke luar negeri, telah digabungkan menjadi satu kesatuan dengan harga tiket yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan yang terkait.

Jika seseorang membeli tiket pesawat dengan tujuan tertentu, maka orang tersebut secara otomatis akan membayar nominal tertentu, dimana didalamnya akan disertakan biaya airport tax dari bandara tujuan. Harga tiket yang dibayarkan, sebetulnya merupakan harga tiket pada umumnya, yang menjadikan berbeda adalah pengenaan biaya airport tax yang berbeda-beda tergantung pada bandara tujuan dari penumpang tersebut.

Meskipun biaya airport tax ini dikenakan kepada setiap penumpang yang menggunakan fasilitas yang ada di bandara, namun ada beberapa orang yang tidak dikenakan pembiayaan pajak bandara ini karena suatu ketentuan dan ketetapan yang telah dibuat oleh pihak otoritas terkait. Adapun penumpang yang tidak dikenakan pajak penggunaan fasilitas bandara, antara lain adalah:

Pinjaman Uang Online

IDR
IDR
Untuk bunga fixed 5 tahun, minimum tenor adalah 7 tahun

A. Awak pesawat ataupun pegawai maskapai penerbangan yang sedang melakukan tugas mereka, serta masih berada dalam catatan general declaration.
B. Penumpang yang melakukan transit perjalanan dengan menggunakan satu tiket penerbangan.
C. Penumpang dengan status bayi atau anak-anak, dan belum memiliki tiket penerbangan tersendiri atau masih tergabung dengan tiket orang tua.
C. Tamu kenegaraan beserta dengan rombongan nya yang sedang melakukan tugas kunjungan negara.
D. Penumpang yang mengalami delay atau penundaan waktu penerbangan.
E. Penumpang yang sedang mengalami pengalihan penerbangan dari bandara yang tertulis pada tiket.

Untuk dapat menentukan harga tiket pesawat yang Anda beli termasuk dalam harga yang wajar atau tidak, maka sudah seharusnya Anda mengenali terlebih dahulu biaya pengenaan airport tax sesuai dengan rute perjalanan yang akan Anda lakukan. Untuk biaya airport tax perjalanan domestik, biasanya airport tax akan dikenakan dengan besaran biaya antara 75 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah tergantung pada tujuan dan kelas bandara yang akan disinggahi oleh para calon penumpang maskapai penerbangan tersebut. Sedangkan untuk biaya airport tax ke luar negeri, besaran biaya yang dikeluarkan akan lebih tinggi sesuai dengan kebijakan dari pemerintah setempat.

Biaya airport tax untuk melakukan perjalanan keluar negeri, biasanya juga akan mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan dari negara lain. Untuk saat ini sendiri, tingginya biaya airport tax untuk melakukan perjalanan dengan tujuan Singapura juga turut mempengaruhi jumlah kunjungan warga Indonesia untuk berwisata ke negara tersebut. Para wisatawan Indonesia lebih cenderung mengalihkan tujuan wisata ke wilayah Bangkok dan Kuala Lumpur, karena kedua wilayah tersebut masih menetapkan standar nilai airport tax yang tergolong tidak terlalu tinggi.

Namun demikian pengenaan biaya airport tax ke luar negeri yang memang tergolong tinggi ini tidak akan berpengaruh bagi mereka yang memang memiliki aktivitas bisnis ataupun pekerjaan lain yang mengharuskan mereka untuk keluar negeri. Biaya tingginya airport tax ini, biasanya hanya berpengaruh pad tingkat kunjungan wisatawan, yang memang memiliki tujuan berwisata ke luar negeri. Oleh karena itu memahami dan mengerti biaya airport tax, maka secara tidak langsung Kita akan dapat menetapkan budget dalam perjalanan wisata ke luar negeri.