Friday, May 26, 2017
Home > finansial > Pembayaran Pajak Online yang Super Praktis

Pembayaran Pajak Online yang Super Praktis

Pembayaran Pajak Online yang Super Praktis

Pajak yang dibayar masyarakat merupakan sumber utama pemasukan anggaran pembangunan nasional. Target pajak pemerintah harus dipenuhi agar dapat membuat pembangunan negara lancar dan terus menerus dilakukan. Sudah pasti hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ada berbagai macam pajak yang harus Anda bayar seperti pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan hingga berbagai jenis pajak lain yang sudah diatur oleh pemerintah. Membayar pajak dengan tepat waktu adalah wujud peran aktif masyarakat untuk membangun negara. Apalagi sekarang terdapat fasilitas pembayaran pajak online.

Belakang, negara ramai dengan pemberitaan tax amnesty atau pengampunan pajak untuk wajib pajak yang menunggak. Jumlahnya begitu besar dan membuktikan jika hingga sekarang ini masih banyak warga yang belum taat melakukan pembayaran pajak. Pajak merupakan sumber utama pendapatan negara dengan berbagai manfaat seperti:

  1. Dana pajak dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran yang memiliki sifat tidak produktif namun begitu diperlukan oleh negara, contohnya saja pengadaan senjata yang digunakan untuk penguatan pertahanan negara,
  2. Dana pajak juga dipergunakan untuk biaya pengeluaran hal yang tidak produktif, namun memiliki manfaat untuk masyarakat,
  3. Dana pajak dipergunakan untuk membiayai hal yang bersifat produktif seperti anggaran untuk pertanian,
  4. Dana pajak yang dibayar akan digunakan membiayai berbagai pengeluaran negara atau hal lain.

Banyak fasilitas yang diberi oleh pemerintah agar bisa memudahkan wajib pajak saat memproses pembayaran pajak. Salah satunya dengan pembayaran pajak seperti sekarang ini yakni pembayaran pajak online. Hal ini dapat memudahkan masyarakat umum, apalagi mereka yang tidak mempunyai waktu luang untuk mengurus pajak. Menurut DJP atau Direktoral Jenderal Pajak, e-billing adalah sistem pembayaran secara elektronik dengan membuat kode billing.

Dengan menggunakan e-billing secara online, ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh seperti pembayaran pajak yang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Dengan membuat ID billing, Anda dapat membayar pajak kapan pun dan dimana pun Anda mau, e-billing ini bisa membantu Anda melakukan pembayaran dengan fleksibel, selain itu Anda juga terhindar dari kesalahan transaksi. saat pembayaran dilakukan secara manual, ada beberapa kesalahan pencatatan yang bisa terjadi, e-billing dapat meminimalkan terjadinya kesalahan ini. Selain itu transaksi bisa secara real time. Data dari transaksi akan langsung tersimpan sehingga bisa mengurangi resiko kehilangan data.

Berikut tahapan yang harus Anda lakukan ketika melakukan pembayaran pajak secara online, antara lain:

  1. Daftarkan perusahaan Anda secara online pada online pajak. Sebelum mempergunakan sistem e-billing pajak, Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda dengan melakukan pengisian secara lengkap, mulai dari profil hingga NPWP,
  2. Buat ID billing dengan menggunakan surat pemberitahuan tahunan yang berada di online pajak atau tidak menggunakan surat pemberitahuan tahunan di online pajak,
  3. Gunakan ID billing untuk pembayaran online. Masukkan ID billing yang sudah dibuat dengan menggunakan fitur pembayaran pajak, dan Anda langsung memperoleh NTPN atau Nomor Tanda Penerimaan Negara, setelah itu masukkan dalam laporan SPT Anda ketika melakukan pelaporan pajak.

Dengan adanya fitur pembayaran pajak online, kegiatan pembayaran pajak bukan menjadi hal yang terkesan melelahkan bahkan bertele-tele, selain itu cara pembayaran juga dapat dilakukan dengan mudah serta sendiri. Tetapi jika masih bingung dengan pembayaran pajak ini, Anda dapat menghubungi CS serta bertanya di situs pajak online. Dari sana Anda bisa menanyakan informasi sejelas-jelas mungkin.