Tuesday, September 26, 2017
Home > Bisnis > Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal
kpr cimb niaga

Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Di jaman dengan harga kebutuhan rumah tangga semakin tinggi ini, semua orang perlu memikirkan peluang apa untuk menambah penghasilan agar semua kebutuhan hidup tercukupi. Pemikiran tersebut tak hanya ada di benak suami sebagai kepala rumah tangga namun juga dipikirkan oleh istri sebagai ibu rumah tangga. Bekerja meninggalkan rumah seperti di kantor atau pabrik memiliki resiko meninggalkan putra-putri sendirian di rumah, ataupun membutuhkan pengeluaran ekstra untuk menggaji penjaga anak. hal tersebut dirasa kurang efektif dan tidak menyenangkan bagi sebagian besar para ibu. Agar dapat menambah penghasilan tanpa harus keluar rumah, sebenarnya banyak bisnis ibu rumah tangga yang dapat dilakukan sembari tetap bisa mengurusi urusan rumah tangga dan mengurus anak.

Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang tinggal di perumahan padat penduduk, sebenarnya banyak sekali bisnis yang dapat dilakukan untuk membantu keuangan keluarga. Misalnya dengan membuka toko di rumah. Anda dapat menjual sembako, mainan anak, keperluan sekolah, hingga pulsa listrik atau telepon. Komoditi produk harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan tempat tinggal, misalnya memperhatikan:

  • Sudah ada atau tidaknya toko yang sama di dekat rumah Anda.
  • Apa kebutuhan yang dirasa sulit di dapat di lingkungan Anda.
  • Besar modal dan perkiraan keuntungan yang di dapat tiap bulannya.

Kendala yang sering ditemui saat ingin membuka toko adalah masalah modal usaha. Jika Anda dan suami memang belum memiliki modal untuk berjualan barang, maka ada produk jualan lain yang tidak memerlukan modal dana namun keahlian atau jasa Anda. Contoh bisnis ibu rumah tangga yang dapat dijalankan tanpa modal adalah:

  • Penitipan anak

Memiliki tetangga banyak pasti ada di antara mereka yang sedang membutuhkan jasa penitipan anak. Bisa saja kedua pasangan suami istri bekerja dan memiliki anak usia sekolah dasar atau balita yang masih membutuhkan orang lain untuk menjaganya. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan diri menjaga anak tersebut. Jika Anda memiliki anak yang sebaya justru menjadi kelebihan karena mereka dapat bermain bersama.

  • Membuka les privat

Jika Anda memiliki keahlian di bidang pendidikan, maka keahlian tersebut juga dapat dijadikan modal untuk membuka tempat les privat. Bukan hanya ilmu pengetahuan dasar saja yang dapat diajarkan namun juga ilmu agama seperti mengaji. Kegiatan menjadi guru privat atau guru ngaji di sore hari pastinya akan mengundang banyak orang tua untuk mendaftarkan putra-putri mereka karena kegiatan tersebut adalah kegiatan yang positif dan diperlukan bagi masa depan anak.

  • Membuka catering kecil-kecilan

Bisnis ini adalah bisnis yang menyenangkan untuk Anda yang suka memasak. Tetangga mungkin ada yang tidak memiliki pembantu dan semua orang dewasa nya bekerja. Biasanya mereka memerlukan makanan yang langsung bisa disantap begitu mereka pulang kerja. Kelebihan bisnis ini adalah Anda dan keluarga tidak perlu lagi mengeluarkan uang belanja karena biasanya sudah di dapat dari sisa atau laba penjualan catering.

Itulah beberapa bisnis ibu rumah tangga yang dapat Anda jadikan peluang usaha untuk menambah penghasilan. Selain ketiga bisnis tersebut masih banyak lagi peluang-peluang yang jika Anda jeli melihat pasti akan nampak. Pilihlah peluang yang paling Anda kuasai sehingga nantinya lebih menguntungkan. Perhatikan pula jam kerja dari bisnis yang Anda pilih tersebut, jangan sampai malah mengganggu kewajiban Anda sebagai ibu rumah tangga. Anda bisa klik di sini untuk bisnis jenis lainnya.