Tuesday, September 26, 2017
Home > Blogging > Panduan Bayar Pajak Motor Online untuk Perpanjangan
kpr cimb niaga

Panduan Bayar Pajak Motor Online untuk Perpanjangan

Panduan Bayar Pajak Motor Online untuk Perpanjangan

Jika dilihat belakangan ini, pengguna kendaraan memang semakin banyak, khususnya adalah roda dua. Karena tak bisa dipungkiri jika sistem pembayaran secara kredit memang memungkinkan bagi setiap orang untuk memiliki kendaraan sendiri. Meskipun dengan uang atau biaya yang pas-pasan, caranya adalah dengan mengajukan cicilan. Sejalan dengan hal tersebut pemerintah kemudian menaikkan harga pajak dari kendaraan. Pajak merupakan bagian yang sangat penting yang digunakan oleh negara dalam rangka pembangunan masyarakatnya. Sekarang ini sistem pembayaran bisa dilakukan dari rumah. Caranya adalah bayar pajak motor online.

Cara online memang sudah banyak diterapkan, tak hanya khusus untuk pembayaran pajak kendaraan saja, melainkan juga berbagai jenis tanggungan atau pajak yang lainnya. hal ini dimaksudkan untuk kemudahan masyarakatnya dalam rangka membayar kewajiban. Sehingga tak ada lagi alasan tidak bayar pajak, karena kantor pembayarannya jauh, jika Anda bisa melakukannya dari mana saja menggunakan sistem online tersebut.

Bayar pajak motor online ini selain digunakan bagi Anda dalam pembayaran pertama, juga difungsikan untuk mempermudah dalam membayar perpanjangan nantinya. Karena sistem dari pajak kendaraan tersebut memang terus menerus, selama Anda masih memiliki kendaraan tersebut. Tak perlu menggunakan jasa calo, nantinya biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih banyak, Anda cukup memakai fasilitas komputer di rumah, lakukan sendiri, langkahnya sangatlah mudah, berikut ini yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Buka situs dari e-Samsat, sama halnya ketika Anda melakukan pembayaran secara langsung yang harus mengunjungi kantor Samsat nya terlebih dahulu, maka disini cukup dengan mengunjungi situs elektroniknya saja, website resmi dari Samsat. Sebelumnya tentukan terlebih dahulu provinsi Anda, apakah Jawa Tengah, Timur, atau Barat. Setelah masuk maka bisa langsung memilih kota, Samsat yang ada di kawasan tersebut, nomor polisi dan juga kodenya. Jika semua yang sudah dimasukkan benar, maka Anda bisa langsung menekan tombol ya atau setuju.
  2. Lihat berapa yang harus Anda bayar, disana nantinya sudah tertera kode bayar, nomor polisi, kemudian juga bank dituju serta nomor rekening dari lembaga keuangan tersebut. Jumlah yang harus dibayarkan dan juga alamat Samsat. Dari data tersebut maka yang paling penting adalah kode yang digunakan dalam pembayarannya.
  3. Lakukan proses pembayaran secara onlinenya, bagi Anda yang memiliki e-banking maka akan dimudahkan dalam hal yang satu ini, mengingat tak perlu datang ke ATM atau bank terdekat, cukup dengan mengandalkan fasilitas atau layanan internet banking tersebut. Caranya adalah membuka menu bayar, pilih pembayaran untuk Samsat kemudian jangan lupa masukkan kode bayar nya. Setelah semuanya dicocokkan dan tepat, maka bisa langsung mengeklik oke, secara langsung uang tertransfer. Sebaiknya bukti Anda ambil.
  4. Ambil nota pajaknya di Samsat, setelah Anda melakukan pembayaran, maka nantinya sistem akan mendeteksi dan memberikan nota bukti pembayaran tersebut, hal ini bisa diambil hingga 7 hari setelah pembayaran. Prosedurnya penting, karena digunakan sebagai bukti jika Anda sudah melakukan kewajiban dalam membayar tanggungan tersebut, jika tidak diambil lebih dari 7 hari, maka nota tidak bisa digunakan kembali.

Sangat mudah bukan, bayar pajak motor online adalah salah satu sarana yang paling tepat bagi Anda yang sibuk, hanya memakan waktu kurang dari 1 jam maka Anda sudah bisa melakukan tanggungan atau kewajiban tersebut. Biasanya untuk kepemilikan kendaraan yang lebih dari satu maka prosesnya juga dilakukan lebih dari satu kali.