Tuesday, September 26, 2017
Home > Blogging > Merah Putih Refleksi Kekuatan NKRI
kpr cimb niaga

Merah Putih Refleksi Kekuatan NKRI

merah putih

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai etnis yang bisa kita jumpai di hampir seluruh daerah. Letak geografis yang besar membuat kita dapat melihat negara ini lebih bijak, ada banyak sekali perbedaan yang bisa kita jumpai mulai dari agama dan bahasa, namun menariknya para pendahulu kita telah menyadari bahwa perbedaan tersebut merupakan salah satu partikel yang dapat digunakan untuk mempersatukan anak bangsa bukan justru merusaknya. Bendera merah putih, misalnya yang sengaja diciptakan untuk melambangkan kebinekaan tersebut.

Meski lambang tersebut hanya terdiri dari dua warna, bukan berarti makna yang ingin disampaikan begitu simpel. Ada berjuta makna yang bisa kita tarik dari dua partikel tersebut. Pertama, merah merefleksikan darah di mana kita semua sama meski terlahir dari tempat dan suku yang berbeda dan kedua adalah putih yang menggambarkan tulang manusia yang berwarna putih bersifat kuat dan kokoh. Kita merupakan bangsat yang kuat yang tidak mudak dipecah belah oleh bangsa lain dengan berbagai isu. Sumber daya Indonesia merupakan salah satu sumber alam terbaik di dunia. Tak ayal, jika sejak dahulu kala berbagai bangsat mencoba peruntungan untuk menjajah negara kita tercinta.

Bahkan sebenarnya hingga saat ini masih ada upaya dari bangsa lain untuk tetap menguasai sektor alam di tanah air. Berbagai upaya politis dan ekonomis sudah dicoba, sebenarnya kita memasuki era penjajahan baru, kolonialisme dengan model terbaru di mana anda tidak dijajah secara fisik tapi secara ekonomis dan budaya. Nuansa penjajahan tersebut akan terasa ketika kiblat ekonomi yang kita gunakan adalah negara barat di mana hampir semua arus ekonomi dan politik berkiblat pada negara barat. Tak ayal, jika pada sektor tertentu kita mengadopsi pola pikir barat untuk mengatasi permasalahan tertentu. Hal ini bisa dibilang kemajuan atau juga bisa disebut sebagai kemunduran berfikir di mana kita sendiri belum bisa membuat kiblat bagi sebuah arus ekonomi nasional.

Kita sebagai anak penerus bangsa sudah seharusnya menyadari kondisi seperti ini, salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan indonesia adalah dengan menghormati bendera merah putih tersebut sebaik mungkin, hormat kepada bendera dengan memasangnya di rumah kita pada moment tertentu merupakan refleksi dari nasionalisme seseorang. Menjaga keutuhan NKRI adalah wajib bagi setiap penduduk negara. Selain itu, mengenang jasa pahlawan juga dapat menumbuhkan rasa patriot dan nasionalis, jika kita belum mampu melakukan hal yang sama dengan mereka maka setidaknya kita menghormat jasa-jasa mereka dan mengenangnya. Bukan justru malah mengolok-ngolok para pahlawan dengan berswafoto dengan gaya yang provokatif.

Keindahan alam Indonesia membuat negeri ini menjadi rebutan, alangkah menyesalnya kita jika kejadian kelam di masa lalu akan terulang kembali. Oleh sebab itu, hal fundamental yang perlu kita lakukan adalah menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama dengan menghormati kultur dari masing-masing individu tersebut. Hal ini penting dilakukan agar kita terhindar dari adu domba yang dapat merugikan setiap individu di mana taktik seperti ini pernah dilakukan pada masa kolonial belanda dahulu kala. Merah putih merupakan suatu simbol untuk menjaga keutuhan NKRI, kalau bukan kita anak muda yang menjaga negara ini lalu siapa lagi?