Rabu, Juli 17, 2019
Home > finansial > Mengenal Modal Ventura Syariah : Dari Pengertian Hingga Cara Investasi
kpr cimb niaga

Mengenal Modal Ventura Syariah : Dari Pengertian Hingga Cara Investasi

Seringkali kita mendengar kata modal ventura, namun mungkin saja belum mengetahui maksud dari modal ventura itu sendiri. Modal ventura atau yang dikenal dengan Venture Capital merupakan modal usaha yang diberikan dalam bentuk uang yang mana umumnya diberikan kepada perusahaan sejenis startup yang sedang berkembang atau potensial.

Salah satu jenis dari modal ventura yang juga kini digemari adalah modal ventura syariah. Modal ventura syariah merupakan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal yang dilakukan oleh Perusahaan Pembiayaan Syariah kepada perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya dalam jangka waktu tertentu dengan berlandaskan prinsip syariah.

Modal Ventura dengan Perspektif Syariah

a. Umumnya Akademi Syariah sepakat mengenai pembiayaan venture capital pada early stage of  life dari suatu investee (tempat investor menanamkan modal) merupakan bentuk sederhana dari pembiayaan mudharabah.

b. Adanya hubungan yang erat antara penyedia dana dan pengguna dana.

c. Dilihat dari sudut pandang syariah, penggunaan equity financing dalam bentuk saham merupakan bagian dari penggunaan akad mudharabah, musyarakah ‘inan.

Operasional Modal Ventura Syariah

Terdapat dua aspek penting ketika kita berbicara mengenai modal ventura syariah. Pertama, ketika modal yang disediakan dianggap berisiko karena tidak adanya jaminan saat pengembalian modal. Sehingga pemilik modal dituntut untuk berani dalam mengambil keputusan yang tepat.

Kedua, adanya kesepakatan diseluruh dunia yang mana hal tersebut disesuaikan atas prinsip dasar yang terkandung dalam jiwa modal ventura. Jangka waktu yang diberikan yaitu antara 5 hingga 10 tahun, tergantung dari apakah mitra usaha mampu mengembangkan usaha yang dimiliki dan mampu berdiri sendiri, setelah itu barulah saham dijual kembali.

Peluang Modal Ventura Syariah

Peluang modal ventura berlandaskan syariah umumnya hampir serupa dengan modal ventura biasa. Perbedaannya terletak pada ukuran segmen, yang mana terjadi penambahan ukuran segmen dari investor Venture Capital (VC) dan calon investee.

Prinsip syariah pada modal ventura ini turut menjadi perhatian pemerintah. Dilansir dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, dari awal tahun 2018 sektor industri modal ventura syariah telah membukukan laba setelah pajak sebanyak Rp 5 miliar. Pencapaian ini dinilai membaik daripada periode tahun sebelumnya.

Bagi Hasil Modal Ventura Syariah

a. Perusahaan pasangan usaha (Investee Company) dan perusahaan modal ventura sama-sama menyertakan modal, berupa uang tunai dan aset yang dinilai relevan dengan usaha yang akan ataupun sedang dijalankan.

b. Menikmati setiap keuntungan maupun kerugian bersama, baik perusahaan pasangan usaha dan perusahaan modal ventura.

c. Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan modal ventura atas pola bagi hasil ini mencakup bagi hasil dari laba usaha yang dijalankan dan pengembalian modal yang disertakan.

Cara Investasi Modal Ventura Syariah

a. Saham yang tergolong biasa dapat diterima secara syariah.

b. Menggunakan obligasi mudharabah dan juga akad waad dari perusahaan yang mana investor memberikan uang untuk meningkatkan keuntungannya.

c. Menggunakan alternatif saham preferensi dengan rasio bagi hasil yang berbeda.

d. Menggunakan required return sebagai pengganti discount rate dari investasi dengan karakter risiko yang serupa.

e. Menggunakan akad wakalah sebagai jaminan dalam transaksi pembiayaan.

Selain mengetahui tentang modal ventura syariah, Anda juga bisa mencari tahu informasi lain seputar modal ventura. Salah satunya, seperti cara mendapatkan dana usaha melalui modal ventura, hal ini perlu Anda ketahui bila ingin mempelajari lebih spesifik tentang modal ventura. Anda bisa mengakses laman https://www.cekaja.com/info/dana-usaha-modal-ventura/ untuk mengetahui informasi lainnya seputar modal ventura.

Tinggalkan Balasan