Selasa, Juni 18, 2019
Home > investasi > Mengenal Investasi Syariah
kpr cimb niaga

Mengenal Investasi Syariah

Investasi Syariah

Banyak alasan mengapa kita perlu berinvestasi. Tentu kamu memiliki tujuan-tujuan dalam hidup yang membutuhkan uang untuk mewujudkannya. Nah untuk lebih dalam apa itu investasi Syariah mari kita simak lebih dalam.

Apa itu investasi Syariah?

Investasi Syariah yaitu penanaman modal kepada suatu Lembaga usaha dengan prinsip hokum islam yang berpedoman pada Syariah Islam, baik itu investasi keuangan maupun maupun riil.

Saat ini sudah banyak berbagai macam Lembaga keuangan yang berjalan di bidang perbankan maupun non perbankan yang memakai prinsip Syariah. Hal ini dipengaruhi karena permintaan yang semakin meningkat dan masyarakat Indonesia yang di dominasi oleh muslim sehingga pelayanan perbankan pun mulai dirubah sesuai dengan tuntunan Islam.

Banyak hal yang di pertimbangkan oleh investor untuk memulai berinvestasi dengan prinsip Syariah, salah satunya halal dan menghindari riba.

Bentuk – bentuk Investasi

Ada 2 macam bentuk investasi yang dapat dipilih sesusai dengan minat dan kemampuan anda diantaranya sebagai berikut:

  1. Investasi aktiva riil

Yaitu investasi yang dapat dilihat sacara fisik. Seperti logam mulia ( emas dan perak ), batu mulia ( permata, intan, giok, dan berlian), property (real estate, rumah, tanah, dan lain-lain).

 

  1. Investasi aktiva financial

Yaitu investasi yang biasanya dijadikan dalam surat-surat berharga, seperti deposito, sukuk, dan lain-lain. Aktiva financial sendiri terbagi menjadi 2 jenis  yaitu investasi langsung dan tidak langsung.

  • Investasi langsung

Yaitu investasi dimana investor memiliki hak atas surat berharga atau kekayaan. Contoh pembelian saham, obligasi, sejumlah kekayaan riil atau mata uang langka yang dimaksud untuk memelihara nilai atau memproleh penghasilan.

 

  • Investasi tidak langsung

Yaitu pengelolaan surat berharga tersebut diwakilkan oleh suatu badan atau Lembaga untuk mengolah investasi para pemegang surat berharganya utnuk menghasilkan keuntungan yang memuaskan para pemegang surat  berharga. Contoh : pembelian saham dari dan  bersama (mutuan fund ) , yaitu portofolio surat berharga yang dikeluarkan oleh berbagai  perusahaan, sehingga investor memiliki hak atas sebagian portofolio, & bukannya

 

Demikian informasi mengenai investasi Syariah semoga bermanfaat, jika ingin mencari artikel terkait mengenai Investasi silahkan cek di https://www.cekaja.com/info/ingin-investasi-syariah-secara-aman/.  Terimakasih

Tinggalkan Balasan