Senin, November 11, 2019
Home > finansial > Mau Tahu Cara Kerja Skor Kredit? Selengkapnya Cek Disini!
kpr cimb niaga

Mau Tahu Cara Kerja Skor Kredit? Selengkapnya Cek Disini!

Apakah pengajuan kredit Anda pernah ditolak? Mungkin tanpa sepengetahuan Anda, skor kredit yang dimiliki termasuk dalam kategori rendah. Fluktuasi skor kredit memang sulit untuk dipahami karena skor kredit sangat berhubungan dengan historis kredit serta aktivitas kredit Anda.

Tetapi, Anda masih bisa belajar untuk memahami bagaimana cara kerja skor kredit. Misalnya, dimulai dari hal apa saja yang harus Anda lakukan maupun hindari dalam urusan kredit. Sebelumnya, Anda harus memahami terlebih dahulu maksud dari skor kredit dan apa fungsinya bagi data finansial Anda.

Skor kredit atau penilaian kredit adalah sistem yang menentukan kredibilitas Anda dalam urusan finansial, khususnya kredit. Segala macam aktvitias finansial yang berhubungan dengan lembaga keuangan akan terekam dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dinaungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sistem Layanan Informasi Keuangan

SLIK baru berlaku terhitung sejak 1 Januari 2018 silam. Sebelumnya, Anda mungkin familiar dengan Sistem Informasi Debitur (SID) atau BI Checking jika berbicara tentang skor kredit. BI Checking atau skor kredit merupakan salah satu penentu utama pada pengabulan permohonan kredit Anda. Banyak kasus penolakan pengajuan kredit yang disebabkan oleh masalah pada BI Checking atau skor kredit.

Kolektabilitas

Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada fluktuasi skor kredit Anda adalah status kolektabilitas. Kolektabilitas atau collectibility adalah pembayaraan pokok atau angsuran pokok beserta bunga kredit pinjaman kepada pihak kreditur sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Masalah ini merupakan salah satu masalah paling krusial sekaligus paling umum yang sering dihadapi oleh debitur. Sesuai dengan definisinya, masalah kolektabilitas bisa terjadi karena adanya keterlambatan pembayaran dengan alasan apa pun.

Selain kolektabilitas, jumlah produk kredit yang Anda gunakan juga turut memengaruhi naik atau turunnya skor kredit yang terekam dalam SLIK. Bermain aman dengan menggunakan satu produk kredit saja memang bisa menyelamatkan Anda dari kejaran debt collector.

Tetapi, debitur yang memiliki lebih dari satu jenis produk kredit dengan kolektabilitas lancar justru bisa memiliki skor kredit yang lebih tinggi dibandingkan debitur yang hanya memiliki satu produk kredit dengan kolektabilitas lancar.

Memahami bagaimana cara kerja skor kredit memang sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa Anda pelajari. Tidak ada cara pasti, tetapi Anda masih bisa berusaha dengan melakukan beberapa cara yang mungkin bisa meningkatkan skor kredit Anda.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan produk kredit yang Anda pilih agar tidak menjerumuskan Anda ke dalam masalah. Sebab, jika Anda sudah terjerat masalah kredit, besar kemungkinan skor kredit Anda akan menurun dan merugikan posisi Anda di mata kreditur.

Di mana Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar skor kredit? Mudah saja! Tinggal kunjungi https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ untuk belajar banyak seputar skor kredit. Tidak hanyaa seputar skor kredit, ada juga info tentang kredit lainnya yang bisa Anda pelajari. Bahkan, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman secara online melalui CekAja.com

Tinggalkan Balasan