Senin, Oktober 14, 2019
Home > Pinjaman > Mau Dapat Dana Tunai Lewat Gadai BPKB, Tengok Syaratnya Dulu!
kpr cimb niaga

Mau Dapat Dana Tunai Lewat Gadai BPKB, Tengok Syaratnya Dulu!

Mau Dapat Dana Tunai Lewat Gadai BPKB, Tengok Syaratnya Dulu!

Pinjaman Dana tunai dewasa ini menjadi salah satu alternatif yang dipilih oleh masyarakat di tanah air ketika mengalami kesulitan biaya. Tidak dapat dipungkiri setiap orang harus memenuhi kebutuhan. Tidak hanya itu, terkadang meski sudah menyediakan dana untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari tetap saja masih ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi oleh setiap orang.

Kebutuhan mendesak ini wujudnya bisa bermacam-macam. Umumnya, kebutuhan mendesak masing-masing orang bervariasi. Sebagai contoh adalah biaya tambahan untuk keperluan sekolah anak-anak. Sementara sebagian lainnya juga memerlukan biaya untuk mengganti kerugian barang yang hilang atau iuran bulanan. Contoh lainnya adalah kebutuhan hari raya dan hari besar lainnya yang pastinya membutuhkan biaya tambahan.

Ketika kebutuhan mendesak datang dan Anda tidak memiliki dana tunai yang cukup, hal tersebut akan menjadi masalah. Bila sudah begini Anda akan mengalami kebingungan. Nah, kabar baiknya saat ini masyarakat dimudahkan dengan pinjaman uang tunai, baik melalui jaminan dan non jaminan. Dengan kemudahan tersebut diharapkan nantinya masyarakat lebih mudah mencukupi kebutuhan sehari-hari terutama yang mendesak.

Baca juga: Inilah Keuntungan dan Biaya Administrasi Kartu Kredit BRI

Pinjaman uang dengan menggunakan jaminan salah satunya ialah dengan jaminan BPKB. Cara meminjam uang tersebut sudah sejak lama diterapkan di tanah air. Keuntungannya diantaranya proses pencairan dana tidak memakan waktu dan mudah. Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman uang tunai lewat gadai BPKB di tanah air.

Syarat Utama Pengajuan Pinjaman Dana

Mengajukan pinjaman uang tunai ke tempat pegadaian maupun perusahaan pembiayaan biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Hal ini tentu saja karena syarat yang diberikan kepada nasabah tidak sulit. Beberapa perusahaan pembiayaan juga terkadang menerapkan syarat tambahan ketika hendak menyetujui pengajuan pinjaman lewat gadai BPKB. Meski begitu, secara umum syarat utama yang harus dipenuhi masih sama.

Syarat utama dari yaitu kelengkapan dokumen pengajuan pinjaman uang. Karena itu, calon nasabah yang hendak mengajukan pinjaman terlebih dahulu harus melengkapi berkas atau dokumen yang diperlukan. Karena pengajuan pinjaman uang lewat gadai BPKB tentu saja dokumen BPKB harus sudah ada bersama dokumen lainnya. Tidak hanya BPKB, kendaraan dalam BPKB tersebut haruslah dibawa.

Ini karena perusahaan akan mencocokkan beberapa hal antara BPKB dan kendaraan yang digadai. Pencocokan ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan dapat mengetahui kendaraan yang digadai bukan merupakan kendaraan curian. Selain melihat kesamaan dokumen BPKB dengan kendaraan, perusahaan akan memotret fisik kendaraan tersebut. Sehingga kendaraan harus dibawa pada saat pengajuan pinjaman dana tunai.

Selain pencocokan data BPKB dan fisik kendaraan, dokumen lain yang perlu disiapkan diantaranya data pribadi pemohon. Data pribadi ini berupa fotokopi e-ktp pemohon lengkap dengan fotokopi e-ktp milik pasangan apabila sudah menikah, fotokopi kartu keluarga, slip rekening listrik atau PBB rumah pemohon, NPWP, slip gaji, fotokopi STNK, dan fotokopi BPKB itu sendiri atau faktur kendaraan.

Syarat Tambahan Pengajuan Pinjaman Dana

Setelah syarat utama di atas terpenuhi, pengajuan pinjaman dana belum bisa diproses oleh perusahaan pembiayaan atau tempat gadai. Pinjaman baru akan diproses setelah pemohon menyetujui beberapa kebijakan dan kesepakatan. Apabila pinjaman dilakukan dengan menggadaikan BPKB ada syarat tambahan yang harus dipahami terkait dengan usia kendaraan yang digadai. Singkat kata tidak semua kendaraan dapat digadaikan.  

Beberapa perusahaan pembiayaan memberikan syarat usia kendaraan yang akan digadai, yaitu maksimal 8 tahun pada masa pinjaman selesai. Tidak hanya itu, pemohon harus memilih jangka waktu pembayaran angsuran dan besaran angsuran. Biasanya semakin lama jangka waktu pembayaran angsuran, biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya lebih kecil begitu pula sebaliknya.

Tiap tempat gadai kendaraan, bank maupun perusahaan pembiayaan memiliki kebijakan tersendiri dalam menerapkan bunga cicilan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh jumlah uang tunai yang didapat oleh pemohon. Misalnya saja besaran bunga sebesar 12 sampai 14 persen untuk peminjaman sekitar satu hingga 100 juta. Dalam jangka waktu pinjaman tersebut mulai dari 12, 18 sampai 24 bulan.

Dari hal tersebut, pihak perusahaan pembiayaan juga memberikan konsultasi mengenai berapa besaran uang yang akan diterima. Butuh dana mendesak untuk mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga? Kini hal tersebut mudah karena Anda dapat mengajukan permohonan pinjaman secara online. Yuk, lihat info selengkapnya di https://www.cekaja.com/kredit, temukan pinjaman dana tunai dengan cicilan rendah dan minim bunga di sini!

Tinggalkan Balasan