Selasa, Juni 18, 2019
Home > Asuransi > Macam- Macam Asuransi Kendaraan Bermotor
kpr cimb niaga

Macam- Macam Asuransi Kendaraan Bermotor

macam-macam asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan di lihat dari jenis kendaraannya terbagi menjadi 2 jenis asurasi. Mulai dari TLO sampai ke ALL Risk. Tidak banyak orang yang tahu apa beda kedua asuransi ini. Oleh karena itu, baca artikel ini dengan baik agar informasi yang anda dapat tidak simpang siur dan lebih jelas. Jika tidak siap – siap anda merugi. Berikut macam – macam asuransi kendaraan.

Jenis atau macam-macam asuransi kendaraan bermotor itu sendiri terdiri dari 2 (dua) jenis asuransi, yaitu  Asuransi Comprehenship dan Jenis Asuransi TLO (Total Loss Only). Berikut penjelasannya :

  1. TLO (Total Loss Only): adalah jaminan terhadap kehilangan kendaraan saja atau jika terjadi kerusakan lebih dari 75% dari harga kendaraan.
  2. Comprehenship/All Risk: adalah jenis pertanggungan yang harus ditanggung oleh pihak asuransi terhadap kendaraan yang diasuransikan, adapun jaminan terhadap kerusakan ringan hingga berat bahkan kehilangan kendaraan. Apabila kendaraan mengalami kerusakan sedikit saja, pihak asuransi akan menanggung semua biaya perbaikannya.

Untuk jenis asuransi Comprehenship atau All Risk adalah jenis asuransi yang banyak dipakai pada kendaraan jenis mobil penumpang. Sedangkan asuransi TLO lebih banyak digunakan untuk kendaraan angkutan barang dan sepeda motor.
Selain beberapa pilihan di atas, ada berbagai paket asuransi tambahan lainnya seperti pertanggungan akibat bencana alam dan lain-lain. Untuk preminya All Risk/Comprehenship lebih besar dari pada premi jenis TLO (Total Loss Only).

Biaya klaim asuransinya sekitar Rp. 200.000,- setiap kali klaim asuransi setiap kejadian. Untuk klaim TLO berkisar Rp. 500.000,- setiap kejadian. Apabila biaya perbaikan lebih kecil dari biaya klaim, maka pihak asuransi sendiri nantinya akan memberikan pertimbangan kepada pengendara untuk melakukan perbaikan sendiri atau melalui klaim asuransi. Contohnya, biaya perbaikan sekitar Rp. 100.000,- sementara biaya klaim asuransi sebesar Rp. 200.000,- maka ada baiknya dilakukan perbaikan sendiri saja karena lebih murah biayanya.
Untuk pertanggungan jaminan TLO akan berkurang setiap tahunnya dari harga awal kendaraan baru, contohnya: Jika ahun pertama pihak asuransi akan memberikan pertanggungan jaminan 100%, maka tahun kedua 80%, tahun ketiga 70%, dan seterusnya, karena harga kendaraan setiap tahunnya akan terus mengalami penurunan. Berbeda lagi jika preminya dibayarkan setiap tahun oleh pihak asuransi, tentunya jaminan akan tetap menjadi 100%. Sebagai penyedia asuransi kendaraan, ada baiknya pemilik kendaraan lebih memilih untuk mengambil asuransi kendaraan all risk demi kenyamanan Anda dalam berkendara, meskipun sedikit lebih mahal. Dengan all risk, anda akan mendapat hal yang setimpal dengan apa yang sudah Anda bayarkan ke perusahaan tersebut, belum lagi dengan perluasan jaminan. Silahkan kunjungi website  https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan untuk mendapatkan info lebih lengkap lainnya mengenai berbagai macam asuransi yang anda sukai.

Tinggalkan Balasan