Selasa, Juni 18, 2019
Home > finansial > Deretan Langkah Tepat Ketika Tengah Terlilit Hutang
kpr cimb niaga

Deretan Langkah Tepat Ketika Tengah Terlilit Hutang

https://www.cekaja.cDeretan Langkah Tepat Ketika Tengah Terlilit Hutangom/kredit-tanpa-agunan

Fasilitas peminjaman uang, baik yang konvensional maupun yang terkini seperti kredit pinjaman online, membuat orang-orang lupa bahwa punya utang sama dengan punya tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Banyak ditemui di lapangan, masyarakat menggampangkan keuangan mereka dengan hidup konsumtif, tidak menabung, kurang memperhatikan arus keuangan pribadi, dan melakukan pinjaman yang tidak dipikirkan dengan matang.

Alhasil, mereka mengalami pailit karena sikap mereka sendiri yang sangat merugikan tersebut. Kasus pihak-pihak yang terlilit utang pun bukan menjadi hal baru, karena tidak sedikit yang telah mengalaminya karena kurangnya edukasi finansial yang baik dan benar.

Jika hal itu telah terjadi dan menimpa kita, wajar jika diri kita mengalami stres atau bahkan depresi. Namun, hal tersebut janganlah berlarut-larut karena kita harus mengambil keputusan untuk bisa memperbaiki kesalahan kita tersebut.

Lantas, bagaimana caranya? Simak pada uraian lengkap di bawah ini!

Prioritaskan utang terlebih dahulu

Tidak perlu menghindar dari permasalahan ini, karena, bagaimana pun inilah keputusan yang telah kita ambil dulu ketika memutuskan untuk melakukan pinjaman utang. Hadapi permasalahan ini dengan penuh tanggung jawab dan segerakan untuk memulai strategi pelunasan yang tepat dalam waktu yang harus kamu tentukan.

Selalu berpikir positif

Tenangkan dirimu sejenak dan biarkan hal tersebut berlangsung. Kita tidak boleh menyalahkan keadaan dan berpikir buruk. Tanamkan pikiran positif pada diri sendiri kalau kita mampu untuk melewati ini semua dan melunasi utang tersebut hingga selesai. Dengan cara tersebut, solusi tepat akan mudah kita dapatkan.

Melakukan evaluasi keuangan

Untuk mengetahui dimana saja letak kesalahan dan penyebab terlilitnya utang, cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap arus keuangan kita, baik secara pendapatan maupun pengeluaran. Siapa tau dari langkah tersebut, ada hal positif yang bisa kita ubah dan menjadi solusi permasalahan utang tersebut.

Mencari peluang pendapatan tambahan

Dalam keadaan genting seperti ini, kita harus berhemat dan menahan diri. Selain itu, dengan mencari peluang usaha yang menghasilkan tambahan pemasukan, hal tersebut sangatlah membantu kita dalam proses pelunasan utang. Dari cara tersebut, kita bisa mulai mengangsur utang-utang yang menumpuk agar jumlahnya tidak terus bertambah.

Menjual aset

Cara lain untuk melunasi utang yang terus bertambah adalah dengan menjual aset-aset kita yang bernilai tinggi. Aset tersebut bisa berupa kendaraan, rumah, perhiasan, instrumen investasi, dan lain-lain. Walaupun langkah ini tergolong berat, namun sulit sekali menemukan cara lain untuk melunasi utang beserta bunganya yang terus tumbuh layaknya jamur di musim hujan.

Melakukan koordinasi dengan pihak penyedia jasa pinjaman

Sesuai yang tertera dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 8/5/PBI/2006 tentang mediasi perbankan, kita dapat melakukan koordinasi pada pihak penyedia jasa pinjaman dalam hal kegagalan dalam membayar utang. Lakukan permohonan dan negosiasi untuk mengurangi jumlah tanggungan. Jika cara ini belum membuahkan hasil, kita dapat melakukan hal ini dengan Bank Indonesia. Tapi ada hal yang perlu diingat, cara ini belum tentu selalu bisa dilakukan, lho.

Keenam cara diatas dapat diaplikasikan untuk kita yang tengah terlilit utang. Untuk mengantisipasinya, jangan sampai menggampangkan permasalahan finansial dan tetap harus melakukan perhitungan secara matang sebelum akhirnya melakukan pinjaman.

Yuk, kunjungi link berikut ini https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan dan dapatkan fasilitas pinjaman kredit tanpa agunan terpercaya, mudah, dan cepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan