Minggu, Agustus 25, 2019
Home > Blogging > Kisaran Biaya Pembersihan Karang Gigi
kpr cimb niaga

Kisaran Biaya Pembersihan Karang Gigi

Biaya Pembersihan Karang Gigi

Karang gigi atau plak sebenarnya adalah sisa-sisa makanan yang sedikit demi sedikit menempel pada gigi dan susah dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Karang gigi yang terbentuk menjadi seperti kerak yang menempel terutama di pangkal gigi dan menyebabkan gigi terasa tebal. Penyebab karang gigi adalah tidak rutin nya menggosok gigi sebelum tidur atau sesudah makan. Makanan yang menempel terutama setelah makan malam akan mengendap hingga keesokan harinya dan menjadi plak. Untuk membersihkan karang gigi perlu dilakukan pembersihan oleh ahli gigi atau dokter gigi minimal 3 bulan sekali. Biaya pembersihan karang gigi bervariasi tergantung tempat melakukan pembersihan dan tingkat keparahan karang gigi.

Gigi memiliki celah diantara gigi dimana sisa makanan dapat bersembunyi dan bertumpuk di sana. Menyikat gigi biasanya hanya dapat membersihkan bagian depan dan belakang gigi tanpa bisa mencapai bagian sisi gigi. Biasanya hal ini disiasati dengan penggunaan obat kumur untuk melunturkan plak pada sisi-sisi gigi. Namun penggunaan obat kumur yang terlalu sering juga meningkatkan resiko terjadinya kanker mulut.

Agar Anda terhindar dari karang atau plak pada gigi, maka Anda harus mengetahui apa saja penyebab terjadinya plak. Berikut ini beberapa penyebabnya yang sangat umum dilakukan tanpa kita sadari:

  1. Tidak rutin menyikat gigi terutama di malam hari sebelum tidur.
  2. Kurang bersih saat menggosok gigi.
  3. Terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan zat gula. Makanan manis lebih mudah menempel di gigi sehingga mudah timbul karang gigi.
  4. Tidak dibiasakan berkumur setelah makan agar sisa-sisa makanan di sela-sela gigi dapat larut dan terbuang.
  5. Merokok dapat menyebabkan karang gigi dan gigi berwarna kuning.

Baca Juga : 4 Hal Yang Mempengaruhi Pinjaman Uang Bekasi

Jika gigi Anda terlanjur memiliki plak, maka sebaiknya segera melakukan pembersihan karang gigi di klinik-klinik pengobatan gigi. Jika takut akan mahalnya biaya pembersihan karang gigi di beberapa klinik tertentu, Anda dapat melakukannya di puskesmas yang memiliki fasilitas klinik dokter gigi. Biaya dan pinjaman uang untuk membersihkan plak dan merawat gigi Anda jauh lebih murah sehingga cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Jangan membiarkan gigi memiliki plak terlalu lama karena dapat mengakibatkan gangguan-gangguan seperti:

  • Memiliki nafas yang berbau tidak sedap.
  • Mengurangi penampilan.
  • Menginfeksi gusi.
  • Menyebabkan gigi mudah keropos dan rapuh.
  • Menimbulkan infeksi di saluran pencernaan.

Penimbunan plak pada gigi juga mengakibatkan tumbuhnya bakteri negatif yang dapat menyebabkan infeksi baik pada rongga mulut dan saluran cerna. Gigi juga akan mudah berlubang karena lapisannya termakan oleh bakteri dari karang gigi. Dengan kondisi gigi berlubang akan mempermudah masuknya bakteri negatif ke berbagai saluran tubuh termasuk saluran darah karena jaringan gigi berhubungan langsung dengan saluran darah dan jantung.

Jika karang gigi belum terlalu parah dan Anda belum sempat pergi ke dokter gigi, maka yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan benang gigi atau flossing. Penggunaan benang gigi sebaiknya rutin dilakukan agar plak berkurang dan menghilang seutuhnya. Jika benang gigi sudah tidak mampu menggerus plak maka mau tak mau Anda harus pergi ke dokter gigi.

Baca Juga : Cara Perhitungan Bunga Pinjaman Bank BRI

Biaya pembersihan karang gigi memang sering menjadi momok bagi beberapa masyarakat untuk membersihkan giginya dari karang gigi di klinik kedokteran. Namun hal ini sebenarnya tidak sebanding dengan bahaya atau resiko gangguan kesehatan yang dapat terjadi jika plak dibiarkan terus-menerus menempel di gigi Anda. Pemanfaatan lembaga kesehatan masyarakat yang lebih terjangkau juga dapat dijadikan solusi agar biaya perawatan gigi lebih murah.

 

Tinggalkan Balasan