Selasa, Januari 22, 2019
Home > finansial > keuntungan dari investasi Syariah
kpr cimb niaga

keuntungan dari investasi Syariah

investasi Syariah

Pengertian Investasi Syariah

Definisi investasi Syariah adalah kegiatan investasi yang berlandaskan prinsip-prinsip Syariah( hukum Islam), baik itu investasi sektor keuangan ataupun sector riil. Dimana dalam hal ini Islam mengajarkan investasi yang menguntungkan bagi semua pihak dan melarang manusia untuk mencari dan mendapatkan rezeki melalui spekulasi atau berbagai cara lainnya yang bersifat merugikan orang lain. (Muhammad Nafik H.R : 2009)

Investasi Syariah yaitu jenis investasi yang berpedoman kepada kaidah aturan agama Islam. Segala aspek yang menjadi penentu aktivitas investasi dengan segala aspek normative yang menjadi pemicu adanya investasi berupa aspek konsep kekayaan dan aspek penggunaan kekayaan yang diperhatikan secara saksama.

Keuntungan dari investasi Syariah disbandingkan dengan investasi konvensional.

  • Investasi sesuai syariat Islam

Hal pertama dan yang paling penting dari investasi syariah yaitu sesuai dengan aturan syariat agama Islam. Investasi ini memenuhi banyak kriteria, termasuk di antaranya adalah memiliki barang halal, dilakukan dengan cara halal, serta digunakan secara halal.

 

  • Lebih aman

Investasi syariah juga memberikan jaminan keamanan lebih tinggi. Karena, berinvestasi secara syariah di Indonesia akan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang tidak dimiliki oleh bank-bank konvensional lainnya. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir dalam berinvestasi karena semua kegiatan operasional yang berkaitan dengan investasi syariah akan diawasi oleh DPS. DPS akan memastikan bahwa semua sistem berjalan sesuai prinsip syariah (hukum Islam). Selain itu setiap investasi syariah harus menjauhi gharar atau pemberian informasi yang tidak lengkap. Gharar dilakukan dengan tujuan untuk menyesatkan para calon investor. Dan investasi syariah juga harus menjauhi hal-hal yang haram, transaksi yang mengandung unsur judi. Dengan begitu, investor bisa menyerahkan uangnya kepada pengusaha tanpa rasa khawatir.

 

  • Bebas riba

Kamu akan mengetahui bahwa dana yang Anda tanam hanya digunakan untuk berbagai hal yang halal. Selain itu, perputaran dana pun berjalan lancar dan produktif sehingga kamu akan mendapatkan bagi hasil dari laba. investasi ini memberikan perlindungan seorang investor dari ancaman riba. Hal ini berbeda dengan investasi konvensional yang sering bercampur dengan faktor riba. Hal ini sangat penting, terutama bagi umat Islam.

 

  • Didukung oleh perundang-undangan

Investasi Syariah juga memiliki dasar hukum yang jelas dalam UU nomor 21 tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah dan penyelenggaraan investasi diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional MUI

 

Demikian informasi mengenai investasi Syariah semoga bermanfaat, jika ingin mencari artikel terkait mengenai Investasi silahkan cek di https://www.cekaja.com/info/ingin-investasi-syariah-secara-aman/.  Terimakasih

Tinggalkan Balasan