Rabu, Juli 17, 2019
Home > Pinjaman > Kebutuhan Mendesak Dan Butuh Dana Cepat? Pinjam Online Saja!
kpr cimb niaga

Kebutuhan Mendesak Dan Butuh Dana Cepat? Pinjam Online Saja!

Kebutuhan Mendesak Dan Butuh Dana Cepat? Pinjam Online Saja!

Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk mengajukan pinjaman. Bukan hanya semata-mata untuk memenuhi gaya hidupnya saja.

Namun kebutuhan hidup yang tidak disangka-sangka bisa menjadi alasannya. Melaksanakan pesta pernikahan, biaya sekolah, dan terkena musibah adalah contohnya. Apalagi jika kebutuhan ini datang di waktu yang bersamaan.

Tentu Anda akan kelimpungan untuk memenuhinya. Sebelum meminjam, kebanyakan orang akan menggadaikan atau menjual asetnya. Namun yang tidak memilikinya, maka pilihan jatuh pada dana pinjaman.

Ada banyak cara untuk mendapatkan pinjaman secara cepat. Meminjam ke teman/ saudara, meminjam di bank atau meminjam online. Ketiganya tentu memiliki kemudahan dan kesulitan masing-masing. Namun yang pasti, dimanapun Anda meminjam Anda harus membayarnya.

Cara Bijak Memanfaatkan Dana Tunai Online

Dewasa ini, banyak perusahaan fintech yang membuka pinjaman online. Umumnya mereka memiliki persyaratan simpel tanpa adanya jaminan. Sehingga sangat memudahkan peminjam.

Apalagi dengan online, Anda bisa mengajukan pinjaman dimana saja. Cocok bagi yang memiliki kesibukan menggunung. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang melakukannya.

Mudahnya dokumen yang harus dipenuhi bukan berarti Anda bisa mengelabuinya. Karena penyedia dana tunai online pasti melakukan pengecekan. Seperti pengecekan kemampuan pembayaran (melalui pengisian formulir) hingga BI checking.

Tahukah Anda tentang BI checking?

Bi checking adalah pengecekan di bank Indonesia tentang track record peminjam.

Semua data peminjam yang pernah melakukan peminjaman di bank ada disana. Sehingga akan terlihat bagaimana cara pembayannya. Dengan begitu, penyedia dana tunai online dapat memperkirakan kemampuan peminjam.

Selanjutnya penyedia dapat meluluskan, mengurangi dana atau menggalkan pinjaman. Jika ingin meminjam dana tunai online, sebaiknya ikuti tips berikut.

1. Cari penyedia dana tunai online yang diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Banyak penyedia dana tunai online/ fintech yang tersebar. Beragam persyaratan dan ketentuan yang dimilikinya. Umumnya, mereka akan memberikan persyaratan yang mudah bagi peminjamnya.

Namun hendaknya sebelum melakukan pinjaman, cek dulu kredibilitasnya. Apakah perusahaan tersebut bernaung dibawah BI dan OJK atau tidak.

Karena OJK akan mengawasi segala kegiatan finansial yang diberlakukan. Dana cair dengan mudah, Anda pun aman dari penipuan. OJK akan mengawasi pencairan dana, cara penagihan serta banyaknya bunga.

Sehingga Anda tidak akan kelabakan memenuhi kewajiban pembayaran. Tentu saja jika Anda menyesuaikan pinjaman dengan kemampuan Anda. Situs cekaja.com akan membantu Anda mengetahui banyaknya cicilan yang dibayarkan. Karena disana terdapat simulasi dana yang bisa Anda gunakan.

Namun jika Anda ingin benar-benar meminjamnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Isi dari formulir tersebut adalah tentang penghasilan dan beban yang ditanggung.

Baru kemudian Anda diberi tahu tentang produk perbankan yang sesuai. Jika tidak ditemukan, tandanya kondisi Anda belum memenuhi kriteria perbankan manapun. Perusahaan yang diawasi OJK akan mencantumkan logo OJK di situsnya.

Biasanya ada di bagian bawah situs. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengakses data dari OJK. Daftar fintech yang masuk di OJK akan tertera disana.

2. Cari yang memberikan bunga rendah

Tentu Anda tak mau terperosok di jeratan rentenir bukan? Oleh karena itu hendaknya Anda mengecek dan memahami berapa bunganya. Umumnya, perusahaan akan memberikan bunga maksimal 2% per bulannya. Jangan sampai Anda meminjam di perusahaan dengan bunga harian.

Misalnya jika Anda meminjam sebesar 1 juta rupiah dalam 10 bulan. Maka tiap bulannya bunganya adalah 20 ribu rupiah. Artinya dalam 10 bulan jumlahnya menjadi 1,2 juta rupiah.

Bayangkan jika bunganya 2% per hari. Maka dalam 1 bulan saja bunganya adalah 600 ribu rupiah. Bagaimana jika 10 bulan? Pasti menjadi sangat tinggi bukan?

Oleh karena itu cermati agar tidak tertipu. Jangan merasa aman saat Anda meminjam ke rentenir online. Meski tidak bertemu, mereka memiliki banyak cara untuk mempermalukan Anda. jadi, lebih baik hindari saja.

Namun, jangan galau. Karena masih ada penyedia dana tunai online yang berbunga rendah. Anda bisa cek di situs cekaja.com dan dapatkan kemudahannya.

3. Sesuaikan dengan kemampuan Anda

Dimanapun dan pada siapapun Anda meminjam, hendaknya sesuaikan dengan kemampuan. Niatkan meminjam untuk membayar. Bukan untuk mendapatkan uang saja lalu kabur saat jatuh tempo.

Sekali tidak dapat dipercaya, maka selanjutnya peminjaman akan sulit dilakukan. Karena trade record yang Anda miliki sudah buruk. Sedangkan mereka yang Anda khianati juga akan memberitahu lainnya.  

Hal ini tidak hanya berlaku di perorangan saja. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa akan ada BI checking.

Dimana history pembayaran pinjaman Anda akan terlihat. Apakah lancar, menunggak tapi wajar atau menunggak dan sulit ditagih. Oleh karena itu di situs cekaja.com terdapat simulasi pinjaman. Sehingga Anda bisa mengetahui kemampuan yang Anda miliki. Apakah kira-kira bisa membayar per bulannya atau tidak.

4. Gunakan reminder agar tanggal pembayaran bulanan tidak terlewati

Agar Anda tidak terkena denda, sebaiknya catat tanggal pembayaran. Sehingga sebelum tanggal tersebut, uang pembayaran sudah tersedia.

Hal ini akan mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Jika perlu, gunakan reminder di smartphone Anda. Sebaiknya hidupkan reminder sehari atau 2 hari sebelum hari H. Penting juga untuk segera menyisihkan uang yang Anda miliki. Entah uang itu dari gaji atau dari keuntungan usaha Anda.

Benar-benar konsisten untuk pembayaran. Jangan tergiur menggunakannya untuk kebutuhan lain. Itulah 5 tips jitu jika ingin meminjam online yang aman.

Yang terpenting adalah jangan gunakan uang pinjaman untuk konsumtif saja. lebih baik gunakan untuk kegiatan produktif. Modal usaha atau investasi seperti pembelian rumah. Dengan begitu hidup Anda akan lebih tenang.

https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

Tinggalkan Balasan