Sabtu, Mei 25, 2019
Home > Blogging > Inilah Pengertian Amnesty Pajak
kpr cimb niaga

Inilah Pengertian Amnesty Pajak

Pengertian Amnesti Pajak

Sejak diberlakukannya tax amnesty atau amnesty pajak mulai beberapa bulan yang lalu yakni pada pertengahan 2016, kini mulai banyak orang yang menaruh perhatian pada jenis pengampunan pajak yang sudah disahkan secara undang-undang tersebut. Secara garis besar orang hanya mengerti tentang konsep dari pengertian amnesty pajak adalah pembebasan atau penghapusan biaya perpajakan. Padahal secara detail pengertian dari tax amnesty adalah suatu peraturan baru bagi para Wajib Pajak untuk tidak dikenakan sanksi administrasi dan sanksi pidana dalam perpajakan, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengungkap jumlah harta dan nantinya akan dikenakan tebusan yang telah ditentukan dalam peraturan Undang-undang no.11 tahun 2016 mengenai pengampunan pajak.

Kebanyakan orang hanya mengetahui tentang pengertian dari amnesty pajak secara garis besar tanpa mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pengampunan pajak, bahkan tidak banyak yang mengetahui bahwa hal semacam ini sebenarnya pernah juga terjadi di Indonesia dan tidak hanya kali ini yakni pernah ada pada jaman pemerintahan Presiden Soeharto namun hal tersebut tidak menuai kesuksesan. Untuk itu kali ini coba diberlakukan kembali dengan harapan dapat membuahkan hasil yang positif. Agar mendukung suasana yang kondusif dan pemberlakuan tax amnesty berjalan dengan baik ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa fakta yang ada pada amnesty pajak berikut ini:

Baca Juga : Solusi Dapatkan KTA Bandung Tercepat

  1. Subjek yang terkena tax amnesty,

Ada pengampunan pajak dan Anda sudah mengetahui pengertian amnesty pajak pastinya ada pula orang-orang yang menjadi subjek yang terdaftar sebagai anggota atau para wajib pajak. Anda harus mengetahui beberapa kriteria dari warga Indonesia yang terkena tax amnesty yakni orang yang penghasilannya diatas 4,5 juta rupiah dalam setiap bulannya sedangkan untuk yang memiliki penghasilan dibawah 4,5 juta tidak dikenakan biaya atau bebas pajak. Setiap orang wajib melaporkan SPT tahunan sebagai laporan harta tambahan.

  1. Cara daftar tax amnesty,

Untuk mendaftarkan diri sebagai anggota tax amnesty caranya mudah sekali, Anda cukup datang ke kantor pelayanan pajak terdekat atau KP2KP yang ada di dekat Anda lalu mengajukan permohonan untuk mendaftarkan diri dengan mengisi berkas pada Surat Pernyataan Harta atau SPH dengan membawa beberapa berkas persyaratan lainnya seperti NPWP, telah membayar uang tebusan yang ada pada SPT, serta telah menyampaikan SPPN. Setelah itu jangan lupa Anda menghitung dengan detail harta Anda lalu bayar uang yakni tebusan ke bank. Terakhir menyampaikan surat berbentuk pernyataan tentang harta pribadi untuk amnesty pajak.

  1. Tujuan dari tax amnesty,

Anda pastinya sudah sering mendengar bahwa salah satu tujuan dari amnesty pajak adalah untuk merestrukturisasi perkembangan ekonomi yang saat ini sedang terjadi di Indonesia, dengan harapan semua harta yang ada di luar negeri dapat kembali ke dalam negeri. Dengan demikian dalam jangka panjang diharapkan akan berdampak pada nilai kurs rupiah, peningkatan investasi, dan turunnya suku bunga, serta untuk meningkatkan likuiditas domestic.

Baca Juga Tips Jitu Beli Mobil Bekas Jakarta Berkualitas

  1. Batas akhir pelaporan tax amnesty,

Jika Anda benar-benar memahami pengertian amnesty pajak, maka sudah pasti Anda juga harus paham kapan batas akhir dari pelaporan amnesty pajak. Seperti yang sering Anda dengar dari berbagai media bahwa untuk saat ini periode tax amnesty yang pertama telah berlangsung sejak Juli 2016 hingga September, dan dimulai lagi periode kedua pada bulan Oktober hingga Desember 2016, dilanjutkan pada periode ketiga yakni Januari hingga Maret 2017.

Tinggalkan Balasan