Tuesday, September 26, 2017
Home > Blogging > Kiat Diet Saat Puasa dengan Sehat, Aman, dan Bugar
kpr cimb niaga

Kiat Diet Saat Puasa dengan Sehat, Aman, dan Bugar

Kiat Diet Saat Puasa dengan Sehat, Aman, dan Bugar

 

Untuk umat muslim, puasa adalah ibadah wajib selama Ramadan. Bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, ibadah ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sehat adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pola makan yang dilakukan selama bulan Ramadan sebetulnya tidak berbeda dengan bulan-bulan lalu, hal yang paling penting ialah menjaga keseimbangan nutrisi serta asupan makanan selama bulan Ramadan. Lantas bagaimana cara melakukan diet saat puasa?

Hindari makanan yang terlalu manis, Anda bisa mencoba dengan beberapa kurma atau pun jus buah ketika berbuka puasa sebagai pilihan sehat. Untuk menu makan malam, Anda harus mengedepankan pola makan yang seimbang seperti buah dan sayuran, hingga roti atau pun nasi. Anda bisa makan sedikit makanan yang memiliki kandungan gula dan lemak. Untuk makan malam, Anda bisa menyantap kaldu yang lengkap dengan daging ayam plus sayuran. Sajikan pula nasi merah serta ikan panggang yang disertai dengan sayur yang dimasak menggunakan sedikit minyak. Sesudah itu Anda dapat memperbanyak asupan air sebagai pengembalian cairan tubuh.

Walaupun minuman yang memiliki kandungan kafein bermanfaat, namun untuk menjalankan diet saat puasa, lebih baik Anda menghindarinya karena kafein mempunyai sifat diuretic yakni menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat ke urine. Berbagai jenis teh, minuman bersoda, kopi termasuk ke dalamnya. Bila nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah semuanya dipenuhi dengan baik, Anda bisa melengkapi saat waktu sahur. Beberapa jenis makanan lebih baik tidak dikonsumsi ketika sayur atau pun berbuka puasa. Contohnya seperti makanan instant atau kalengan yang memiliki kandungan karbo olahan. Kandungan ini akan mudah terserap tubuh, sehingga kadar gula dalam tubuh Anda mengalami kenaikan dengan cepat, termasuk dengan makanan yang kaya kandungan lemak seperti cokelat, biskuit dan kue tart.

Makanan yang digoreng sering dikonsumsi selama bulan Ramadan. Tetapi, makanan yang digoreng adalah salah satu cara memasak yang lebih baik dihindari ketika menyajikan makanan sesudah berpuasa, lebih-lebih menggoreng bahan makanan dengan cara merendam di minyak panas. Sebagai sebuah alternatif, Anda bisa mengolah makanan yang direbus atau dibakar di atas bara api dengan menggunakan alat pemanggang. Coba mengolah daging atau ayam dengan cara dipanggang bukan dengan cara digoreng. Sajikan dengan bumbu kacang untuk lebih membangkitkan selera. Anda juga bisa membuat pangsit rebus dan disajikan menggunakan saus favorit.

Tidak jarang, orang sering melewatkan waktu sahur. Padahal, waktu makan ini sama pentingnya dengan makan malam sesudah buka puasa. Makanan yang dikonsumsi ketika sayur sebaiknya merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbo kompleks yang kaya serat dan tidak terlalu mengenyangkan. Jangan lupa untuk niat puasa terlebih dahulu sebelum berpuasa. Makanan yang mempunyai kandungan karbo kompleks merupakan makanan yang tidak lekas diurai sehingga bisa melepaskan energi secara perlahan yang sangat baik untuk tubuh ketika puasa.

Ketika sayur, makanan yang sesuai dengan kriteria ini ialah kombinasi roti yang dilengkapi dengan keju dan selai, Anda juga bisa mengkonsumsi buah kering seperti kacang dan kismis. Selain itu alternatif buah yang bisa dicoba adalah buah pisang dan apel. Jika ingin melakukan diet saat puasa, jangan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang berlebihan selama berpuasa. Anda bisa menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Bila mempunyai kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa mengkonsultasikan pada dokter, agar Anda bisa memperoleh informasi pilihan makanan mana yang paling baik untuk Anda.