Friday, July 28, 2017
Home > Blogging > Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Setiap tenaga kerja yang bekerja di Indonesia harus memiliki perlindungan seperti yang diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. Perlindungan yang dapat diberikan adalah setiap pekerjanya harus dilindungi dengan menggunakan BPJS tidak hanya ketenagakerjaan namun juga kesehatan. Dengan menggunakan perlindungan tersebut tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman pada karyawan atau pegawai namun juga memaksimalkan performa kerja. Untuk menggunakan BPJS maka Anda harus membayar iuran per bulannya dan untuk mengetahui saldo yang Anda miliki, misalnya iuran Anda sudah terkumpul berapa, Anda dapat melakukan cek saldo BPJS dengan cara berikut.

Pertama adalah dengan menggunakan cara yang manual yaitu datang langsung ke kantor BPJS. Nantinya setelah Anda datang ke kantor BPJS Anda harus menemui petugas yang ada di kantor tersebut untuk meminta mencetakkan atau printing slip saldo BPJS yang Anda miliki. Akan tetapi, untuk meminta print out saldo Anda harus mengantri dan tidak jarang sangat membuang waktu Anda terutama jika Anda memiliki waktu luang yang sedikit.

Kedua adalah dengan menggunakan cara online. Anda harus membuka website dari BPJS ketenagakerjaan terlebih dahulu sebelum dapat mengakses lebih lanjut. Keunggulannya jika Anda melakukan cek saldo untuk BPJS ketenagakerjaan dengan cara online adalah Anda tidak perlu mengantri dan pengecekan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan Anda memiliki akses internet dan device seperti smartphone ataupun komputer atau laptop.

Setelah membuka situs BPJS Ketenagakerjaan, langkah selanjutnya untuk melakukan cek saldo BPJS adalah:

  • Masukkan user ID dan password untuk login. Jika belum terdaftar maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan meng-klik registrasi lalu daftar dan isi form yang tersedia. Pilih setuju dan klik daftarkan atau submit data. Tunggu konfirmasi email dan langsung cek saldo via online dengan memasukkan ID dan password Anda.
  • Pilih menu “Lihat Saldo JHT”.
  • Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan, klik Submit. Kemudian jumlah saldo akan muncul di layar.
  • Untuk browsing misalnya informasi apa saja yang ada di website BPJS, seperti pengajuan klaim online, pilih home.

Ketiga adalah menggunakan aplikasi BPJSTK mobile. Aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis dan kemudian diinstal di smartphone yang Anda miliki. Setelah Anda menginstal aplikasi tersebut di ponsel pintar Anda, langkah selanjutnya untuk mengecek saldo dari BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki yaitu:

  • Setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS yang Anda miliki.
  • Masukkan email dan PIN dari BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki. Atau jika sudah memiliki akun lama Jamsostek, nama sebelum BPJS, Anda dapat login dengan menggunakan ID dan password yang lama.

Keempat adalah dengan menggunakan layanan pesan singkat atau SMS. Tidak semua orang memiliki smartphone ataupun komputer untuk dapat cek saldo BPJS dengan cara online, untuk memudahkan pengecekan saldo, dapat melakukan langkah berikut:

  • Buka pesan Anda, ketik REG#NomerBPJS/Jamsostek#TanggalLahir#NamaIbuKandung. Kemudian kirim ke nomor 08111009696.
  • Nantinya Anda akan mendapatkan balasan SMS yang intinya berisi nomor ID Anda dan petunjuk untuk mengetahui saldo BPJS Anda dengan mengetik SALDO#ID_Anda.
  • Misalnya, SALDO#0987654321 lalu kirim kembali ke nomor 08111009696.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan balasan kembali yang isinya mengenai saldo dari JHT Anda. Intinya, saldo dengan ID Anda tersebut memiliki jumlah sebesar XXX hingga tanggal bulan tahun dimana Anda meminta informasi saldo BPJS tersebut.