Friday, May 26, 2017
Home > info > Ingin Tahu Cara Perpanjangan SIM Online? Berikut Ulasannya!

Ingin Tahu Cara Perpanjangan SIM Online? Berikut Ulasannya!

Ingin Tahu Cara Perpanjangan SIM Online

 

Bagi pengendara sepeda motor, SIM atau surat ijin mengemudi adalah salah satu dokumen wajib yang harus di miliki. seperti indentitas lainnya SIM juga memiliki masa berlaku untuk itu di perlukan perpanjangan secara berkala agar dapat terus di pergunakan. Perpanjangan SIM online merupakan hal yang baru di terapkan dalam pengurusan SIM. dengan adanya layanan ini tentu saja merupakan hal yang gembirakan, karena data pemegang SIM telah terkoneksi secara online, maka dengan mudah akan dapat di akses dari manapun dalam wilayah Indonesia sehingga pemilik SIM yang berasal dari luar daerah tidak perlu lagi mendatangi daerah asal pembuatan SIM untuk mengurusnya.

Dengan terkoneksi secara online maka data pemilik yang telah terintegrasi dengan e-KTP lebih mempermudah petugas untuk mengkroscek data pemilik melalui data base Kementrian Dalam Negeri serta data dari POLRI selaku penerbit SIM untuk menghindari adanya SIM ganda yang beredar. Sehingga sistim ini di harapkan dapat menertibkan serta memudahkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya dalam hal pelayanan pembuatan SIM.

Perpanjangan SIM dapat di lakukan sejak 2 minggu sebelum tanggal masa berlaku habis selain itu pengguna juga masih di beri keringanan dengan masa tenggang perpanjangan selam 3 bulan terhitung semenjak masa berlaku habis. Setelah masa tersebut namun SIM yang telah mati belum juga di proses maka selanjutnya SIM yang Anda miliki tidak dapat di gunakan lagi. Selanjutnya Anda di haruskan untuk membuat SIM baru dan melalui proses awal serta biaya pembuatan baru.

Proses perpanjangan SIM online dapat di lakukan di SIMONLINE POLRI, dengan adanya layanan ini sangat membantu masyarakat dalam hal kelengkapan dokumen berkendara. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, berikut ini langkahnya:

  1. Anda bisa membuka website resmi yang telah di sediakan yaitu sim.korlantas.polri.go.id.
  2. Pada website tersebut juga tersedia pilihan seperti menu pendaftaran online, kirim ulang email konfirmasi, informasi pendaftaran serta panduan penggunaan. Dengan tampilan yang telah di tata untuk memudahkan penggunanya tentu bukan hal yang sulit untuk mengisi data yang di minta.
  3. Isi data dengan benar sesuai dengan identitas diri Anda termasuk data sim lama yang Anda miliki.
  4. Anda juga bisa mempelajari terlebih dahulu petunjuk atau panduan penggunaan agar tidak terjadi kesalahan saat menginput data Anda.

Sangat mudah bukan, website tersebut memang sengaja di desain dengan tampilan yang simple dan jelas sehingga bisa di pastikan Anda tidak akan menemukan kendala yang berarti saat menelusuri atau saat proses registrasi. Mendaftar secara online dapat mempersingkat waktu di bandingkan dengan mengurus secara konvensional atau langsung ke kantor pelayanan SIM. Selain di hadapi dengan Antrian proses yang Anda lewati pasti akan sangat menyita waktu terlebih jika kebetulan Anda termasuk orang yang memiliki kesibukan yang padat.

Dengan kemudahan layanan perpanjangan SIM online diharapkan kepada masyarakat untuk tidak ada alasan lagi untuk tidak melengkapi diri dengan surat ijin mengemudi atau SIM yang berlaku terlebih biaya yang di minta untuk pembuatan SIM sangat terjangkau. Apabila SIM yang Anda miliki sudah habis masa berlakunya, usahakan sesegera mungkin untuk mengurus perpanjangan sehingga tidak akan menguras isi kantong. Selain itu Anda akan dimudahkan dengan lokasi perpanjangan SIM yang begitu banyak. jadi, tunggu apalagi? Segera urus SIM sekarang juga dan dapatkan segera manfaat langsungnya.