Friday, July 28, 2017
Home > finansial > Cara Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Mahasiswa Perantauan

Cara Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Mahasiswa Perantauan

Cara Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Mahasiswa Perantauan

 

Mahasiswa adalah sebutan untuk seseorang yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi. Mahasiswa ini merupakan panggilan khusus karena hanya boleh untuk seseorang yang sedang kuliah saja sedangkan untuk pelajar biasanya dari SD hingga SMA dan sederajat hanya bisa dipanggil siswa. Selain itu untuk nama pengajar, materi pengajaran, dan juga cara pengajaran juga sangat berbeda dari yang sebelumnya diterima saat sekolah. Selain mengenai kehidupan kampus, di luar kampus juga tidak sama saat masih sekolah dulu. Dimana mahasiswa dituntut lebih mandiri terutama untuk mahasiswa perantauan yang kuliah dari luar kota hingga luar pulau. Di kampus sendiri mahasiswa lebih heterogen dan bukan hanya teman di kampus tetapi juga di luar kampus dari makan, jalan-jalan, hingga bisa satu kost atau kontrakan. Karena merupakan perantauan, mahasiswa juga dituntut bisa untuk mengatur keuangan agar cukup sampai akhir bulan. Berapa cara mengatur keuangan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Usahakan dikirim dua kali dalam sebulan

Mahasiswa perantauan biasanya selalu mendapat jatah kiriman tiap bulannya. Jatah kiriman dari orangtua tersebut harus bertahan hingga akhir bulan saat pengiriman selanjutnya. Padahal biasanya kiriman dari orangtua harus cukup untuk segala hal dari keperluan membayar kost, untuk makan, untuk belanja bulanan, untuk jalan-jalan, dan juga tugas. Oleh karena itulah untuk menghindari habis uang di awal dan tidak tersisa di akhir bulan sebaiknya meminta orangtua untuk mengirimkan dua minggu sekali saja dan tidak dalam satu waktu.

  • List kebutuhan

Telah disebutkan diatas, kebutuhan mahasiswa perantauan ada banyak sekali dari kost, kuliah, dan juga jalan-jalan. Oleh karena itu usahakan setelah menerima kiriman catat list penggunaan uang nantinya. Sisihkan terlebih dahulu uang untuk hal penting, dan sisanya bisa untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak. Seperti jalan-jalan harus ditaruh dibelakang dan menomorsatukan uang untuk kepentingan kuliah yaitu fotokopi dan membeli buku.

  • Belanja sebulan sekali

Belanja adalah godaan yang tidak bisa ditampik oleh semua orang termasuk mahasiswa perantauan. Tetapi karena terbatasnya dana, akan lebih baik untuk dapat mengatur uang belanja tersebut dengan lebih bijaksana. Seperti misalnya untuk yang ingin membeli barang sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Cara mengatur keuangan belanja yang dapat dilakukan misalnya untuk bulan ini cukup belanja sepatu, bulan berikutnya belanja baju, dan selanjutnya agar tidak kehabisan uang di tengah bulan. Sehingga Anda harus menahan keinginan belanja barang yang Anda inginkan agar tetap dapat bisa bertahan hingga akhir bulan.

  • Berhemat

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa agar dapat mengatur keuangan dengan baik. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk dapat berhemat misalnya memilih tinggal dengan mengontrak daripada kost. Tinggal dengan cara mengontrak untuk mahasiswa awal akan lebih murah dibandingkan harus ngekost. Selain itu memasak sendiri juga akan lebih hemat dibandingkan selalu membeli makanan di luar.

  • Mencari uang tambahan

Apabila berbagai cara mengatur keuangan diatas sudah dilakukan tetapi tidak dapat untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa perantauan. Maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan mencari uang tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk bisa mendapatkan tambahan uang karena waktu yang tersedia juga lebih banyak dan fleksibel. Contoh pekerjaan yang bisa dilakukan adalah dengan ojek kampus, menulis artikel online, joki gambar dan menulis makalah, serta masih banyak lainnya.