Selasa, Juni 18, 2019
Home > Asuransi > Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat
kpr cimb niaga

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

Upaya pemerintah Indonesia dalam mensejahterakaan masyarakat Indonesia nampaknya sangat terlihat, seperti di bidang kesehatan membuat berobat gratis dan di bidang Pendidikan ada sekolah gratis. Dan masih banyak lagi.

Upaya yang dilakukan untuk bidang kesehatan salah satunya adalah BPJS Kesehatan, dengan melakukan gotong royong bersama masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata.

Fungsi dan Tujuan

Fungsi dari Kartu Indonesia Sehat (KIS) yaitu untuk memberikan pelayanan dan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Pengguna dapat menggunakan fasilitas ini di tingkat manapun. kartu ini merupakan program perluasan dari program kesehatan sebelumnya yaitu BPJS Kesehatan yang dibuat oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tanggal 1 maret 2014.

KIS dan BPJS memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan dan jaminan kesehatan akan tetapi ada hal yang membedakannya yaitu sasaran nya. Ya, jika BPJS merupakan program yang anggota nya harus mendaftar dan membayar iuran tiap bulan, sedangkan KIS anggota nya diambil dari masyarakat yang kurang mampu, pemberian kartu dan pembayaran nya pun ditanggung oleh pemerintah.

Cara mendapatkan KIS

1. Sebelum Anda melakukan pendaftaran, persiapkanlah berkas-berkas dibawah ini:

  • KK dan atau KTP dari anggorta keluarga yang ingin mendapatkan KIS.
  • Surat keterangan tidak mampu dari RT atau RW serta kelurahan setempat.
  • Dan suran pengantar dari puskesmas setempat.

2. Prosedur pembuatan KIS:

Setelah berkas persyaratan lengkap, maka seperti inilah langkah-langkah pembuatan KIS:

  • Siapkan KK dan KTP
  • Membuat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Desa atau Kelurahan beserta surat pengantar dari RT atau RW setempat.
  • Setelah itu datang saja ke Puskesmas lalu mintalah surat pengantar pendaftaran BPJS sebagai PBI yang nantinya akan mendapatkan KIS.
  • Setelah itu, datang ke kantor BPJS Kesehatan. Setelah itu, ikuti saja arahan dari pihak kantor BPJS Kesehatan.

Yang perlu di pahami juga yaitu agar bisa memperoleh kartu KIS ini kemungkinan setiap daerah prosedurnya bisa saja berbeda. Misalnya saja untuk memperoleh kartu KIS di Jakarta bisa saja prosedurnya berbeda dengan di Bandung atau di kota-kota lainnya.

Demikian informasi mengenai Kartu Indonesia Sehat (KIS) semoga bermanfaat, jika ingin mencari artikel terkait bisa cek di https://www.cekaja.com/info/kartu-indonesia-sehat/. Terimakasih

Tinggalkan Balasan