Selasa, Januari 22, 2019
Home > Pajak > Cara daftar NPWP online dengan mudah!
kpr cimb niaga

Cara daftar NPWP online dengan mudah!

NPWP online

Sebelum membahas mengenai cara daftar NPWP online, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu NPWP. NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk memudahkan administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Setiap orang yang sudah memenuhi persyaratan wajib pajak, harus mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerja nya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak dan telah diberikan. Nomor Pokok Wajb Pajak hanya diberikan satu kepada setiap wajib pajak, di mana NPWP terdiri dari 15 digit, 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak dan 6 digit setelah itu merupakan kode administrasi.

Banyak sekali masyarakat yang masih kurang memahami mengenai pengertian, manfaat, fungsi dan cara mendaftar NPWP itu sendiri.

Cara membuat NPWP online

Buat akun di E-registration (ereg) di https://ereg.pajak.go.id jika kamu belum terdaftar, ereg pajak adalah website untuk melayani daftar NPWP online. Langkah-langkah nya, isi kolom dan ikuti petunjuk yang ada, periksa email dan klik tautan aktivasi yang dikirimkan saat itu. Lalu pilih “pusat”, pilih jenis kelamin anda, jika perempuan yang sudah menikah ingin mencabangkan NPWP pada suami kamu, maka pilih cabang.

Persyaratan yang wajib dilengkapi.

  1. Wajib pajang orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.

  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA

  2. Wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas atau pengusaha tertentu

  •  Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  •  Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  •  Dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.

  3. Cek status permohonan

Terakhir kamu bisa memeriksa status pendaftaran NPWP kamu melalui email atau dihalaman history pendaftaran. Jika statusnya ditolak, maka Anda harus memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap.

 

Sebaliknya bila disetujui, kartu NPWP Anda akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal terdaftar melalui pos. Demikian informasi mengenai cara daftar NPWP online semoga bermanfaat, untuk mengetahui lebih banyak artikel yang kami miliki cek di https://www.cekaja.com/info/ini-langkah-langkah-daftar-npwp-online/.  Terimakasih

Tinggalkan Balasan