Tuesday, September 26, 2017
Home > Blogging > Cara Bermain Saham yang Harus Dikuasai Investor Pemula
kpr cimb niaga

Cara Bermain Saham yang Harus Dikuasai Investor Pemula

Cara Bermain Saham yang Harus Dikuasai Investor Pemula

Sebagian besar diantara investor lebih memilih produk investasi jangka pendek dibandingkan dengan jangka panjang. Mengingat hasil bisa sesegera mungkin dinikmati. Meskipun juga tak memungkiri resiko yang ditanggung untuk pilihan instrumen investasi jangka pendek ini nyatanya juga sangat tinggi. Berbeda dengan instrumen investasi jangka panjang seperti halnya properti atau juga rumah, memang harus menunggu selama bertahun-tahun dulu, sebelum menjualnya, namun hasil yang didapatkan sudah jaminan naik lebih tinggi. Hanya saja untuk nilai yang sama maka banyak yang lebih tertarik ke saham. Cara bermain saham sudah pasti tidak sesederhana pilihan instrumen yang lainnya.

Namun hasil memang tidak bisa membohongi, ia bisa naik hingga berkali-kali lipat dari nilai modal yang pertama kali Anda keluarkan tersebut. Mungkin sudah tidak terlalu asing bagi Anda terkait dengan saham sendiri. Sebenarnya saham bisa diartikan sebagai sebuah modal yang Anda masukkan ke perusahaan. Karena memang ikut ambil andil dalam hal modal awal, maka nantinya keuntungan juga langsung dibagi bersama.

Jika ada kenaikan angka sudah pasti menjadi keuntungan bagi Anda, namun jika terjadi resiko kerugian, juga harus ditanggung sendiri, karena hal tersebut bisa membuat nilainya menjadi semakin kecil. Cara bermain saham tentunya harus Anda kuasai terlebih dahulu sebelum terjun ke bidang ini. Tanpa keahlian tersebut akan sangat sulit menjadi seorang investor yang sukses. Karena Anda tidak bisa meramal kenaikan dan juga penurunan nilainya. Sebelum terjun kesini, ada beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Cara beli dan juga jual saham, ada palang khusus dimana Anda bisa membeli maupun menjual instrumen investasi tersebut. Umumnya banyak orang yang membelinya secara online, namun tak jarang pula yang beli langsung, karena takut akan penipuan. Agaknya calon investor juga harus tau dimana tempat pembelian saham yang aman tersebut.
  2. Lebih baik konsultasi pada ahlinya, tak mungkin bagi seorang amatiran langsung dapatkan keuntungan yang tinggi, kebanyakan diantaranya pasti akan mengalami kerugian, entah itu dalam jumlah yang kecil maupun besar, tanpa didampingi oleh orang yang sudah ahli. Kenyataannya memang sangat penting bagi Anda untuk belajar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun kesini didampingi oleh yang sudah ahli.
  3. Ketahui resiko-resiko eksternalnya, selain adanya resiko internal, khususnya yang berasal dari masalah dalam perusahaan itu sendiri, maka faktor lainnya juga ada resiko eksternal, resiko ini berasal dari luar perusahaan, umumnya ini yang jauh lebih mengancam, sehingga harus dipahami baik-baik.
  4. Jangan hanya membeli lebih dari satu, inilah salah satu kesalahan investor pemula, umumnya mereka berani keluarkan banyak modal, namun kesalahannya hanya digunakan untuk satu jenis saham saja, sehingga jika terjadi penurunan nilai, maka sepenuhnya sudah pasti rugi. Untuk menghindari hal ini dan juga mendapatkan hasil yang lebih nyata, maka bagi modal tersebut menjadi beberapa pilihan instrumen saham. Nantinya akan lebih merata mana yang peluangnya bagus untuk untung dan juga rugi.
  5. Mengecek likuiditasnya, semakin tinggi maka akan semakin bagus, karena tandanya perusahaan tersebut bisa dipercaya dengan tingkat pencairan uang cepat. jangan sampai memilih perusahaan yang likuiditasnya rendah, akan sangat sulit dalam pencairan uang Anda.

Pahami dengan benar cara bermain saham tersebut, hanya seputar hal-hal dasar. Nilai naik turunnya saham tidak bisa diprediksi, sehingga Anda harus lebih cermat membaca situasi.