Tuesday, September 26, 2017
Home > Blogging > 5 Program Beasiswa Kuliah di Luar Negeri S2
kpr cimb niaga

5 Program Beasiswa Kuliah di Luar Negeri S2

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Kesadaran akan pentingnya pendidikan memang kian meningkat belakangan ini. Apalagi diimbangi dengan keberadaan pemerintah yang memberikan begitu banyak beasiswa untuk mereka yang tak mampu dan juga berprestasi. Sekarang ini hanya dengan mengandalkan pendidikan sampai bangku SMA saja, kurang banyak yang mau menerimanya bekerja, apalagi jika Anda ingin menepati sebuah posisi penting dalam sebuah pekerjaan. Paling-paling sebagai buruh kasar pabrikan atau yang paling baik adalah sebagai kasir. Anda perlu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Tak perlu khawatir biaya tawaran beasiswa sangat banyak. bahkan beasiswa kuliah di luar negeri juga ada.

Sebagian yang sudah lulus dari jenjang S1 mungkin merasa ingin mengenyam pendidikan yang lebih lagi. Namun memang tak bisa dipungkiri bahwa ilmu yang didapatkan hanya dengan belajar di dalam negeri memang itu-itu saja, akan lebih baik jika mencoba secara langsung menjajaki bangku pendidikan yang ada di luar negeri. Dengan demikian bukan hanya pengetahuan saja yang Anda dapatkan, melainkan juga kemampuan diri untuk bersosialisasi dengan masyarakat yang berbeda latar belakangan budaya bahkan bahasanya.

Program tersebut nantinya juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda, karena kebanyakan diantara perusahaan mencari lulusan-lulusan baik dari luar negeri, karena ilmu yang mereka dapatkan lebih dan bisa digunakan untuk ikut serta dalam mengembangkan bisnis mereka kedepannya. Dari sekian banyak jenis beasiswa kuliah di luar negeri yang ditawarkan, berikut ini yang berikan kuota lebih dan cukup populer di kalangan mahasiswa, yaitu:

  1. Beasiswa Erasmus, ia adalah beasiswa khusus yang diberikan kepada setiap pelajar berprestasi yang ingin melanjutkan kuliah ke Eropa. Ada setidaknya 23 negara yang berada di benua Eropa ikut ambil andil dalam hal ini. Dengan kuota yang tersedia sekitar 5000 orang dari seluruh dunia. Setidaknya untuk Indonesia sendiri tiap tahun selalu ada yang berangkat lebih dari 100 peserta.
  2. Beasiswa full bright, ia adalah beasiswa yang berasal dari negara Amerika, merupakan yang paling populer di kalangan mahasiswa karena kuota yang diberikan sangat tinggi. Tiap tahunnya mereka memberikan kuota sekitar 7500 beasiswa yang diberikan untuk setiap mahasiswa dari seluruh dunia. Peluang kemungkinan untuk bisa lolos tentunya juga sangat besar bagi Anda.
  3. Beasiswa DAAD, tak kalah dibandingkan dengan Eropa atau Juga Amerika, maka Jerman juga memberikan beasiswa untuk setiap tahunnya pada mahasiswa yang ada di seluruh dunia, dengan total hingga 70.000 peserta. Sangat tinggi dengan nilai tunjangan yang diberikan juga tak main-main mulai dari biaya pendidikan hingga biaya untuk hidup.
  4. Beasiswa Chevening, ia ditawarkan oleh pemerintah Inggris, nah, bagi yang tertarik untuk mengenyam pendidikan pada negara yang paling tua usia pendidikannya ini maka bisa coba untuk program chevening tersebut. Cukup besar kuotanya hingga 700 orang setiap tahun.
  5. Beasiswa Eiffel, bukan hanya negara untuk jalan-jalan saja, melainkan juga memiliki pendidikan yang bagus. Perancis juga selalu memberikan beasiswa yang cukup menarik bagi setiap mahasiswa luar negeri yang ingin melanjutkan study S2 atau S3 disini. Dengan total biaya hidup mencapai 1000 hingga 14000 Euro per bulannya.

Program-program beasiswa kuliah di luar negeri ini juga termasuk bagian dari kerjasama antar negara. Karena kenyataannya banyak juga instansi pendidikan yang ada di Indonesia memberikan beasiswa yang memungkinkan mahasiswa luar untuk mengeyam pendidikan disini. Sehingga tak perlu ragu untuk mencobanya.