Senin, Oktober 14, 2019
Home > Pinjaman > 5 Cara Pinjam Duit Terbaik di Jakarta
kpr cimb niaga

5 Cara Pinjam Duit Terbaik di Jakarta

pinjam duit

Kebutuhan mendadak terkadang tidak dapat diantisipasi sehingga mau tidak mau harus melakukan pinjaman di tempat tertentu. Walaupun harus meminjam uang dengan cepat, hindari untuk meminjam uang di rentenir karena dapat membebani Anda karena jumlah suku bunga yang besar. Untuk pinjaman cepat Anda dapat menjatuhkan pilihan ke pinjaman tanpa agunan atau KTA. Pinjam duit dengan cara ini Anda tidak perlu menyertakan jaminan seperti sertifikat rumah atau kepemilikan kendaraan.

Walaupun cara meminjam uang dengan cara KTA lebih cepat jika dibandingkan dengan meminjam dengan agunan misalnya kredit multiguna, terdapat beberapa hal yang harus Anda hindari agar pengajuan dan pelunasan kredit menjadi lancar. Pertama adalah jangan asal mengajukan kredit. Setidaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu sejarah kredit Anda apakah Anda memiliki masalah kredit sebelumnya misalnya pernah mengalami kredit macet atau tidak. Asal dalam pengajuan kredit tidak hanya dapat berdampak pengajuan pinjaman akan ditolak namun juga dapat menyebabkan Anda rugi misalnya ternyata kreditor tersebut menerapkan bunga yang tinggi atau ternyata kreditor tersebut penipu.

Kedua adalah mengajukan kredit melebihi kemampuan. Anda tidak hanya harus menyesuaikan pengambilan kredit dengan limit yang ditawarkan oleh kreditor namun juga sesuai dengan kemampuan Anda. Masing-masing kreditor memiliki ketentuan tersendiri terkait dengan limit kredit yang ditetapkan. Agar pengajuan kredit Anda diterima, maka Anda harus mengajukan kredit tidak lebih dan tidak kurang dari jumlah limit yang ditetapkan kreditor.

Sedangkan saat Anda akan pinjam duit tanpa jaminan atau agunan, pastikan jika jumlah angsuran yang akan Anda bayarkan per bulannya tersebut tidak melebihi kemampuan keuangan Anda atau pendapatan Anda sebesar 30-35% agar kesehatan keuangan Anda tetap terjaga. Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan kalkulator pinjaman yang dapat Anda temukan di situs online keuangan atau di website dari kreditornya langsung. Ketahui juga besar dari jumlah suku bunga karena suku bunga tersebut akan sangat berpengaruh pada besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya sebelum jatuh tempo.

Ketiga adalah tidak memenuhi persyaratan. Masing-masing kreditor memiliki persyaratan yang berbeda. Ada yang memiliki persyaratan harus memiliki kartu kredit dengan masa keanggotaan aktif minimal 1 tahun dan ada yang menerapkan persyaratan harus memiliki pendapatan minimal perbulannya sebesar Rp 3 juta. Anda harus memperhatikan dengan baik terkait dengan persyaratan tersebut sehingga pengajuan kredit Anda akan diterima.

Keempat adalah mengisi data palsu. Jangan pernah sekali-kali mengisi form atau melakukan pengajuan dengan menggunakan data palsu karena kreditor tentu akan langsung menolak pengajuan kredit Anda. Bahkan sebagian besar kreditor akan memasukkan nama Anda dalam blacklist untuk beberapa saat misalnya untuk 3 bulan tidak dapat mengajukan kredit di kreditor tersebut.

Hal lain yang harus Anda hindari saat pinjam duit tanpa pinjaman ke kreditor adalah:

  • Menggunakan identitas orang lain atau meminjamkan identitas diri Anda sendiri untuk mengajukan pinjaman. Hal tersebut dapat merugikan orang lain bahkan diri Anda karena kreditor tidak akan mau tahu mengenai siapa sebenarnya yang meminjam uang tersebut dan jika ada masalah, orang yang ada di form pengajuan kredit tersebut harus bertanggung jawab terkait kredit yang dilakukan.
  • Tidak memiliki perencana keuangan dan menggunakan dana pinjaman untuk keperluan yang tidak seharusnya sehingga membuat beban Anda untuk mengangsur pinjaman menjadi lebih berat.
  • Tidak memiliki buku keuangan untuk mencatat atau untuk mengontrol keuangan Anda terutama jika Anda memiliki hutang seperti kredit di bank.

Tinggalkan Balasan