Sabtu, Mei 25, 2019
Home > Pinjaman > 4 Hal yang Mempengaruhi Pinjaman Uang Bekasi
kpr cimb niaga

4 Hal yang Mempengaruhi Pinjaman Uang Bekasi

Pinjaman Uang Bekasi

Bisnis yang berkembang dan maju menjadi tantangan yang harus Anda hadapi. Untuk pengembangan skala besar, tentu Anda memerlukan dana yang juga cukup besar demi menyokong perkembangan bisnis tersebut. Hal ini tak bisa lepas dari adanya campur tangan bank dalam memberikan pinjaman uang online kota Bekasi. Meskipun banyak sekali syarat dan ketentuan yang harus disiapkan sehingga menguras pikiran dan tenaga, namun hal ini harus Anda lakukan demi mengambil peluang pinjaman uang untuk memperbesar bisnis.

Sudah bukan rahasia lagi jika bank menerapkan sistem keamanan serta sangat selektif dalam menyalurkan pembiayaannya. Tentu ini menjadi tantangan Anda agar pengajuan kredit bisa disetujui. Untuk itu berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengajuan kredit karena bisa mempengaruhi keputusan pihak bank, yaitu:

  1. Kemampuan calon peminjam

Pertimbangan utama untuk memperoleh pinjaman dari bank adalah kemampuan calon peminjam dalam melunasi pinjaman tersebut. Hal ini sebagai antisipasi agar kredit yang bank berikan tidak macet nantinya di tengah jalan. Umumnya setiap pengajuan kredit, bank akan meminta nasabah memberikan portfolio keuangan yang dimiliki demi bisa mengetahui besarnya pengeluaran serta pemasukan sehingga bisa ditarik kesimpulan. Setiap bank memiliki kebijakan berbeda-beda dalam memahami hal ini. Untuk itu pastikan agar keuangan Anda stabil.

  1. Kredibilitas

Selanjutnya adalah kredibilitas calon peminjam kepada pihak bank yang bisa dicek melalui pusat data dari Bank Indonesia demi melihat riwayat keuangan dari calon peminjam tersebut. Dari sini bisa diketahui apakah nasabah tersebut memiliki kredit macet, tagihan bengkak atau bahkan tumpukan utang bunga pinjaman bank BRI. Bahkan jika hal ini terjadi, maka Anda bisa masuk daftar hitam yang dikeluarkan Bank Indonesia lantaran penumpukan utang tersebut. Dengan begitu, pengajuan pinjaman uang Bekasi yang Anda lakukan pasti akan ditolak bila Anda termasuk di dalamnya.

  1. Agunan

Perlu diketahui bahwa bank sebetulnya tidak menyukai pengambil-alihan agunan dari peminjamnya karena kredit macet. Hal ini lantaran pengurusan dan biaya yang dikeluarkan cukup besar dan memakan banyak waktu. Namun, agunan bisa menjadi jaminan tepat bahwa peminjam nantinya tidak akan lari dari tanggung jawab pembayaran cicilan. Kelengkapan surat, kondisi dan lokasi agunan juga menjadi hal penting yang sangat dipertimbangkan secara cermat oleh pihak bank sebagai persetujuan untuk kredit yang Anda minta. Nilai agunan biasanya ditentukan dari kelengkapan persyaratan, lokasi dan juga kondisi agunan sehingga semakin strategis tempat agunan itu maka nilai semakin mahal sehingga kredit yang diberikan pun bisa cukup besar.

  1. Uang muka

Untuk beberapa kasus yang tertentu, bank kerap meminta uang muka dengan jumlah besar misalnya 20% dari total pinjaman. Hal ini dilakukan demi mengikat peminjam agar tidak lari dari tanggung jawabnya. Dan jika apabila suatu hari nanti peminjam tidak mampu memenuhi kewajibannya, maka uang tersebut bisa dijadikan sebagai biaya untuk menutup utang atau bahkan sebagai biaya pengurusan aset yang akan diambil alih oleh bank.

Itulah 4 hal penting yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman uang Bekasi ke bank, apalagi untuk jumlah besar. Pastikan agar pinjaman tersebut digunakan secara bijak sehingga bisa melakukan pelunasan dan agunan pun aman. Selain itu bayarlah cicilan tepat waktu agar Anda tidak semakin terbebani oleh denda dan juga bunga yang bisa membengkak dan bisa membuat keuangan Anda berantakan. Anda bisa menghitungnya di laman https://www.cekaja.com/kredit-dengan-agunan sebagai pertimbangan saat akan mengajukan pinjaman uang di kota Bekasi secara online.

3 thoughts on “4 Hal yang Mempengaruhi Pinjaman Uang Bekasi

Tinggalkan Balasan