Saturday, June 24, 2017
Home > Pinjaman > 3 Pilihan Sumber Pinjaman Tanpa Bunga

3 Pilihan Sumber Pinjaman Tanpa Bunga

Pinjaman Tanpa Bunga

Ada kalanya untuk mengatasi masalah keuangan mempertimbangkan solusi berupa mencari pinjaman, namun jangan lupa menimbang masalah bunga. Tentu sebagai orang yang mengambil pinjaman menghendaki pinjaman tanpa bunga yang membuatnya lebih ringan untuk dibayarkan. Sebagian besar dari kita tentu tidak akan percaya bahwa ada lembaga penyedia pinjaman yang membebaskan perhitungan bunga. Jika di logika memang sulit untuk mengatakan ada, akan tetapi jika mencari lebih seksama maka kita pun akan menjumpainya.

Apa Keuntungan Meminjam Uang Tanpa Bunga?

Sebelum memberikan informasi mengenai lembaga keuangan mana saja yang bisa dituju untuk produk pinjaman bebas bunga. Ada baiknya kenali manfaat menarik dari peminjaman uang yang tidak dikenai biaya bunga tersebut. Suku bunga merupakan hasil presentasi pinjaman yang umumnya sudah ditetapkan oleh penyedia pinjaman tersebut. Beberapa penyedia dikenal memberikan suku bunga rendah ada pula yang tinggi, jika cermat ada pula yang bebas biaya bunga.

Suku bunga bisa dikatakan sebagai biaya jasa yang dibebankan kepada penerima pinjaman, yang nantinya dibayarkan bersamaan dengan pembayaran pinjaman. Menemui pinjaman yang tidak dikenai bunga sudah tentu memberi keuntungan menarik, misalnya saja:

  • Terhindar dari dosa riba terutama bagi umat Islam yang memang dilarang untuk terlibat dalam praktek riba apapun bentuknya.
  • Memperoleh pinjaman yang ramah di kantong sehingga cukup membayar pinjaman senilai pinjaman tersebut diterima.
  • Lebih mudah menghindari jeratan hutang sebab bebasnya bunga membuat hutang ringan dibayar.

Pilihan Penyedia Pinjaman Bebas Suku Bunga

Tidak sedikit orang yang merasa terbebani dengan suku bunga apalagi jika penyedianya menetapkan presentasi yang tinggi. Ada baiknya mulai berusaha mencari penyedia pinjaman tanpa bunga yang akan membantu menyelesaikan masalah keuangan jangka panjang. Kabar baiknya beberapa lembaga keuangan berikut bisa dijadikan pilihan:

  1. Meminjam kepada perorangan,

Opsional pertama untuk pinjaman yang tidak dikenai suku bunga adalah dengan mengajukannya kepada non lembaga keuangan. Yakni kepada perorangan yang dipastikan tidak memberlakukan sistem bunga.

Apalagi jika kita mengajukan pinjaman kepada sanak keluarga maka biasanya akan diwajibkan membayar senilai pinjaman yang diambil. Tatkala memiliki masalah finansial jangan terburu-buru mengincar bank untuk meminjam uang. Pertimbangkan dahulu meminta bantuan kepada keluarga ataupun tetangga dan teman dekat. Namun jauhi rentenir, sebab ada beberapa orang sekitar kita yang memberikan bunga untuk tetangga atau keluarganya yang meminjam uang. Tanyakan dulu baru memutuskan meminjam kepada orang tersebut atau tidak.

  1. Menuju lokasi pegadaian dengan sistem syariah,

Pegadaian juga bisa dijadikan tempat terbaik untuk mendapatkan pinjaman, yakni dengan menggadaikan barang yang kita miliki. Akan tetapi baiknya menyasar pegadaian dengan sistem syariah sehingga tidak memberikan suku bunga. Pegadaian yang menerapkan sistem syariah berpatokan pada dua akad. Yakni akad ijarah berupa pemindahan manfaat barang yang digadaikan untuk sementara waktu. Kemudian akad rahn yang menjadikan barang gadai sebagai jaminan atau untuk membayar pinjaman yang diambil.

  1. Mempertimbangkan bank berbasis syariah,

Opsional lainnya adalah dengan mengajukan pinjaman kepada bank berbasis syariah yang kini semakin mudah untuk ditemui. Akan tetapi pastikan bank syariah yang kita kunjungi memang memberikan layanan berlandaskan syariah Islam. Supaya tidak menjumpai pinjaman dengan suku bunga yang nantinya termasuk dalam kegiatan riba. Prinsipnya adalah dengan menjalankan akad bagi hasil, yakni biaya jasa peminjaman uang yang nilainya disepakati bersama. Sehingga kita memperoleh pinjaman tanpa bunga yang membuat pinjaman lebih bermanfaat.